Soal Corona, China Sindir AS Melalui Animasi Lego

Sebuah animasi pendek berjudul "Once Upon a Virus" menggunakan tokoh-tokoh seperti Lego. Tujuannya untuk mengolok-olok respons Amerika Serikat.


Animasi ini diunggah kantor berita resmi pemerintah China, Xinhua. Menampilkan tokoh-tokoh Lego dalam bentuk seorang prajurit terakota yang mengenakan masker dan Patung Liberty.

"Kami menemukan virus baru," ujar prajurit tersebut pada Januari.

"Lalu? Itu hanya flu," jawab Patung Liberty.

Ketika prajutit tersebut memperingatkan mengenai virus dan betapa berbahaya penyakit yang disebabkannya, Patung Liberty hanya menjawab acuh tak acuh, seakan merujuk pada berbagai pernyataan Presiden Donald Trump pada awal terjadinya wabah, meremehkan Covid-19.

"Apakah kamu mendengarkan dirimu sendiri?" tanya prajurit tersebut ketika melihat Patung Liberty mulai terlihat memerah karena demam lalu menggunakan infus, pada Maret.

"Kami selalu benar, meskipun kami bertentangan dengan diri kami sendiri," ujar patung tersebut menjawab.

"Itulah yang saya sukai tentang kalian, orang Amerika, konsistensi kalian," ujar prajurit tersebut.

Dimuat CGTN animasi berdurasi satu setengah menit itu muncul di tengah perseteruan Washington dan Beijing mengenai asal usul virus corona yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, China.

Trump pada Kamis (30/4) mengaku memiliki keyakinan bahwa virus tersebut berasal dari laboratorium Wuhan Institute of Virology.

Ia bahkan mengatakan vius corona adalah salah satu upaya yang dilakukan China agar ia kalah dalam pemilihan presiden 2020. Bersama dengan beberapa negara lain, AS juga menyerukan diadakannya penyelidikan internasional mengenai virus corona.