Hasan Aminuddin Usulkan Santri Dapat Suntikan Gizi dari Pemerintah

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Hasan Aminuddin. /Dok
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Hasan Aminuddin. /Dok

Pimpinan Komisi IV DPR RI, Hasan Aminuddin, mengatakan, santri dikalangan pesantren perlu mendapat asupan gizi yang layak dari pemerintah. Sehingga, dengan asupan tersebut, dapat meningkatkan kualitas pendidikan.


“Sudah banyak unsur masyarakat yang dibantu oleh pemerintah dalam bentuk makanan. Balita, lansia, nelayan, hingga petani serta warga tidak mampu sudah terima bantuan makanan. Santri belum,” jelas Hasan Aminuddin, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (11/8) siang.

Menurut Legislator asal Partai Nasdem ini, santri merupakan bagian dari kelompok masyarakat yang perlu diperhatikan. Apalagi mereka merupakan pelajar yang akan menjadi penerus perjuangan bangsa. 

“Membantu gizi santri sama artinya dengan membantu perekonomian santri dan orang tuanya. Mereka makan setiap hari dapat uang kiriman orang tua. Kalau pemerintah membantu, berarti mengurangi beban biaya dari orang tua,” terangnya.

Soal bentuk bantuan yang disalurkan, Hasan menyebut beberapa jenis makanan. Di antaranya beras, ikan, telur, daging, hingga lauk-pauk lainnya. 

“Yang penting sehat dan menyehatkan. Santri harus didorong untuk semakin cerdas dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Dan sebagian dari asupan itu harus dibantu oleh pemerintah,” tegasnya.

Anggaran untuk program tersebut bisa dialokasikan di segala tingkatan pemerintahan. “Bisa di APBN melalui pos kementerian terkait, juga bisa di APBD provinsi maupun kabupaten/kota,” ungkapnya.

Sebagai percontohan, ia telah meminta Pemkab Probolinggo untuk mengalokasikan anggaran program tersebut.

 “Coba dianggarkan dulu, lalu lihat sejauh mana efektivitas programnya. Kalau bagus, ini bisa menjadi contoh untuk daerah-daerah yang lain,” pungkasnya.