PKS Jatim Siapkan Kadernya Untuk Maju Sebagai Calon Bupati dan Walikota di Pilkada 2024

Ketua PKS Jatim Irwan Setiawan / ist
Ketua PKS Jatim Irwan Setiawan / ist

Ketua PKS Jatim Irwan Setiawan membocorkan tentang siapa yang akan dipilih dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024


Kang Irwan, sapaan akrabnya, menegaskan akan mendukung siapa saja yang siap membangun Jawa Timur lebih baik.

“Siapa saja, baik dari konteks pilgub maupun pilkada yang digelar di kabupaten/kota,” katanya.

Bahkan, ia menyebut, di beberapa daerah, kader PKS siap maju menjadi calon walikota atau calon bupati.

“Kami targetkan ada kader yang bisa jadi kepala daerah. Misalnya di Kota Batu, Kota Malang, mudah-mudahan ada juga di Surabaya,” harapnya.

Meski demikian, Irwan menyampaikan bahwa saat ini masih melakukan proses penjaringan suara dari kader PKS hingga di tingkat kecamatan.

Masukan dari kader PKS itu, akan menjadi pertimbangan dan masukan untuk diajukan ke tingkat DPP.

“Yang menentukan siapa yang didukung adalah DPP, sementara tugas kami di DPW dan DPD melakukan penjajakan dan komunikasi politik baik dengan calon maupun partai politik,” kata pria 48 tahun itu.

Tentang nama yang akan diajukan dalam Pilgub dan Pilkada, Irwan menyampaikan harus belum mendapat keputusan dari DPP. Yang jelas, ia menambahkan, tokoh yang akan diusung merupakan tokoh yang mempunyai kapasitas dalam memimpin Jawa Timur dan kabupaten/kota di Jatim.

“Target kami di Pilkada 2024 ini menang di atas 60 persen. 2020 lalu, kami menang di 11 daerah dari 19 Pilkada,” tegasnya.

Karenanya, Irwan menyampaikan bahwa DPW PKS Jatim telah melakukan konsolidasi bersama dengan pimpinan DPD sebagai momentum dan menyiapkan DPD untuk mengoptimalisasi hasil pileg 2024 dan menyongsong pilkada serentak 2024.

“Kami sudah meminta DPD dapat melakukan konsolidasi semua kekuatan di DPD-nya baik anggota, caleg, maupun struktur hingga ranting. Tentu ini dalam rangka agar kita bisa memilih pemimpin terbaik,” pesannya.