Makam Pahlawan Kemerdekaan Yang Terbengkalai Mulai Dapat Perhatian

Gus Yani ziarahi makam para pahlawan/Ist
Gus Yani ziarahi makam para pahlawan/Ist

Ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) memanfaatkan momentum Hari Ulang ke 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dengan melakukan ziarah ke makam para pahlawan.


Tempat yang dikunjungi Gus Yani adalah makam Laskar Sabilillah Moehammad Oesman alias Usman Sadar yang terletak di Jalan Usman Sadar Gresik. Karena makam salah satu pahlawan kemerdekaan yang gugur demi bangsa dan negara pada tanggal 13 April 1947 silam itu kondisinya sangat memprihatinkan, terbengkalai dan nyaris tak terurus.

Kunjungan Ketua DPRD Gresik tampak membuat warga sekitar lokasi makam Usman Sadar antusias dan gembira dengan kedatangan Calon Bupati Gresik ini. Karena, baru kali ini ada pejabat yang mau berziarah ke makam salah satu pahlawan kemerdekaan tersebut.

"Saya sangat prihatin kondisi makam pahlawan Usman Sadar yang sangat dikenal oleh masyarakat Gresik ini, dibiarkan terbengkalai. Kemana peran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, kok dibiarkan dan tidak direvitalisasi?" Ucap Gus Yani saat mengunjungi makam yang berada di Jalan Usman Sadar itu, Senin (18/8).

“Persoalan ini harus menjadi program khusus bagi Pemkab Gresik, sehingga makam pahlawan tidak dibiarkan terbengkalai seperti ini. Untuk itu, harus dilakukan revitalisasi sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sejarah perjuangan yang dilakukan para pahlawan. Apalagi nama pahlawan ini sudah menjadi nama jalan di Kota Gresik," imbaunya.

Ditambahkan, Gus Yani dirinya ingin merevitalisasi makam pahlawan yang selama ini terbengkalai itu jika dirinya menjadi orang nomor satu di Kabupaten Gresik.

"Sebagai bentuk penghormatan saya kepada para pahlawan yang gugur demi merebut kemerdekaan bangsanya. Jika saya dipercaya masyarakat menjadi pemimpin di Kabupaten Gresik, makam para pahlawan yang tidak terurus untuk direvitalisasi agar diketahui oleh generasi muda kita," tegasnya.

Sementara itu, Budayawan sekaligus pemerhati sejarah dari Yayasan Matasegar Gresik, Kris Adji mengungkapkan banyak makam pahlawan di Gresik yang kondisinya terbengkalai keberadaannya. Seperti makam Usman Sadar, makam Giri Gajah dan Makam Abdul Fakih yang kesemuanya adalah pejuang kemerdekaan.

"Bisa saya pastikan, bahwa makam beliau-beliau para pejuang kemerdekaan itu, tidak pernah dikunjungi para pejabat di Kabupaten Gresik ini. Sekalipun dalam momen peringatan hari kemerdekaan maupun hari pahlawan, makanya kondisi makamnya tak terawat dan nyaris tak terperhatikan sama sekali," ujarnya.

Kris Adji pun berharap penuh kepada pemimpin Gresik ke depan agar bisa memperhatikan makam-makam pahlawan kemerdekaan bisa direvitalisasi ulang sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan agar supaya masyarakat Gresik juga lebih tahu keberadaan para pahlawannya.