Maklumat KAMI Jadi Efektif Jika Didukung Elit dan Rakyat

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) diperkenalkan di Jakarta/Net
Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) diperkenalkan di Jakarta/Net

Maklumat Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) bisa efektif jika para elit politik dan seluruh rakyat Indonesia mendukung.


Menurut analis sosial politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun, seharusnya elit politik di negeri ini turut mendukung Maklumat KAMI karena isinya adalah suara kepentingan rakyat.

"Tentu Maklumat KAMI akan menjadi efektif jika elit politik dan seluruh rakyat Indonesia mendukung maklumat KAMI. Sebab, KAMI hadir untuk menyuarakan kepentingan publik, kepentingan rakyat banyak," ujarnya dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (18/8).

Deklarasi KAMI yang disampaikan pada Selasa (18/8) di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, kata Ubedilah merupakan hal pertama yang konkret dilakukan oleh KAMI.

"Kerja-kerja konkretnya para tokoh KAMI adalah tokoh kultural yang sehari-hari bersama rakyat, membersamai rakyat, memberi solusi untuk rakyat, baik berupa edukasi, bantuan material maupun non material," katanya.

Ubedilah pun merasa yakin para tokoh di KAMI termasuk orang yang tidak meragukan kepeduliannya. Sumbangan para tokoh KAMI untuk rakyat terlalu banyak jika dikalkulasi.

“Jadi negara sesungguhnya membutuhkan gerakan seperti KAMI yang di dalamnya para tokoh yang berintegritas," pungkas Ubedilah.