Ditinggal Jualan Sosis, Rumah Terbakar Ratusan Juta Melayang

Rumah warga yang terbakar/RMOLJatim
Rumah warga yang terbakar/RMOLJatim

Nasib apes menimpa Ratno (55) warga Dusun Samben, Desa Sidokerto, Kecamatan Karangjati, Ngawi rumahnya ludes terbakar setelah ditinggal keliling untuk berjualan sosis. Dua bangunan rumah berbahan kayu ini ludes terbakar sekitar pukul 16.20 WIB pada Selasa, (25/8).


Api baru berhasil dipadamkan setelah 3 unit mobil PMK didatangkan ke lokasi kejadian. Dari keterangan yang ada sebelum kejadian kondisi rumah tersebut kosong setelah Ratno dan Sukiyem berjualan di wilayah Desa Legundi, Kecamatan Karangjati.

"Saat kebakaran si pemilik rumah tidak berada ditempat. Justru yang melihat kebakaran pertama kalinya para tetangga dan api bersalah dari rumah belakang atau bagian dapur," kata Kapolsek Karangjati AKP Suyadi.

Ia membenarkan, dari keterangan beberapa saksi termasuk pemilik rumah untuk penyebabnya diduga dari tungku atau dapur yang belum dimatikan. Dimana sebelum berjualan keliling sekitar pukul 07.00 WIB Sukiyem selesai masak di tungku berbahan bakar kayu. Namun diduga kuat api tungku belum dimatikan. 

"Kemungkinan api menyala lagi ketika ditinggal apalagi disekitar tungku ada sekam atau brambut. Meski demikian kita masih melakukan olah TKP guna memastikan penyebabnya," jelasnya. 

Untuk kerugian akibat kebakaran itu terang Suyadi ditaksir mencapai Rp 100 juta. Mengingat perabotan rumah tangga maupun barang yang berada didalam rumah ikut terbakar. Ia minta kepada semua warga masyarakat untuk waspada ketika hendak meninggalkan rumah.