Alfamart Dukung Perkembangan Sektor UMKM

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Jaringan ritel modern Alfamart telah memberikan kontribusinya kepada masyarakat. Tidak hanya dalam menyediakan kebutuhan sehari-hari, namun Alfamart juga hadir dengan memberikan ruang bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).


Sinergi dengan UMKM ini merupakan komitmen perusahaan dengan para pelaku UMKM lokal yang sejalan dengan visi perusahaan yakni berorientasi pada pemberdayaan pengusaha kecil.
Hanya saja, khusus untuk pemasaran produk UMKM lokal harus melalui rekomendasi pemerintah daerah (pemda) melalui dinas terkait yakni dinas perindustrian, perdagangan, koperasi (disperindagkop) dan UKM.

“Tentu ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi seperti izin PIRT, sertifikat halal, dan lainnya. Saya berharap semakin banyak para pelaku UMKM yang dapat meningkatkan kualitasnya sehingga bisa lebih bersaing,” kata dia.Menurutnya, Alfamart selama ini menyambut baik kebijakan pemda dalam upaya meningkatkan jangkauan pemasaran produk UMKM, diantaranya dengan memberikan tempat khusus bagi produk UMKM yang telah dilakukan pembinaan oleh dinas setempat.

Branch Alfamart Rembang, Supriyanto, mengatakan saat ini terdapat sekitar 50 jenis produk UMKM telah dipasarkan. Selain menyediakan tempat pemasaran, pihaknya juga melakukan pendampingan produksi UMKM agar sesuai dengan ketentuan dan minat konsumen.

“Produk UMKM kita sebenarnya bagus-bagus, hanya saja sejumlah kendala seperti perizinan dan pengemasan (packaging) yang perlu terus dibenahi lagi,” ujarnya.  

Ditambahkan, produk UMKM selama ini cukup kesulitan untuk bisa bersaing dikarenakan belum memiliki perizinan seperti dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan lain-lain. Meskipun sebenarnya hasil produk dari UMKM tidak kalah dengan produksi industri.“Karena terkendala masalah perizinan, kami bekerjasama dengan pemda untuk mencari solusi terkait masalah tersebut, termasuk menyeleksi produk UMKM agar dapat dipasarkan di toko kami,” imbuh dia.