Hadiri Baiat Ansor Dukung Cabup di Banyuwangi, Camat Rogojampi: Saya 'Kejebak'

Camat Rogojampi, Nanik Machrufi/RMOLJatim
Camat Rogojampi, Nanik Machrufi/RMOLJatim

Camat Rogojampi, Nanik Machrufi membenarkan informasi bahwa dirinya menghadiri acara Rapat Kerja dan Orientasi Kader yang ternyata disisipi pembaiatan anggota Pengurus Anak Cabang (PAC) setempat mendukung bakal Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas-H Sugirah.


Dikatakan Nanik sapaannya, menghadiri acara tersebut atas undangan dari PAC GP Ansor Rogojampi dengan tema Rapat Kerja & Orientasi Kader. Tujuannya, mengajak generasi muda yang tergabung dalam Ansor turut serta mengkampanyekan disiplin menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

"Saya pikir undangan ini murni rapat kerja. Supaya agenda rapat kerja itu dimasukkan program sosial kemasyarakatan, sosialisasi dan ketertiban memakai masker kepada masyarakat," katanya seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (21/9).

Sebab, kata dia, di Kecamatan Rogojampi terdapat penambahan jumlah konfirmasi Covid-19, menjadi 45 kasus positif per 20 September 2020. Oleh karenanya, Nanik berharap, anggota Ansor turut serta menjadi duta masker di wilayah masing-masing.

"Saya ingin anggota Ansor dan Banser menjadi duta-duta masker di masyarakat di setiap desa. Karena Ansor ini di setiap ranting itu ada. Makanya saya datang meski terlambat," ucap Nanik.

Namun demikian, usai menyampaikan pidato sebagai Camat yang mengajak disiplin protokol kesehatan, Nanik mengaku, giliran Ketua MWCNU Rogojampi, H Nanang Nur Ahmadi menyampaikan sambutan.

"Pada saat itu, saya tidak tahu tiba-tiba kok ada pidato politik. Saya seperti "kejebak", saya sama sekali tidak tahu kalau sampai akan pidato seperti itu," ungkapnya.

"Saya gak nyangka. Saya keluar. Bahwa kami ini orang pemerintahan netral. Dan tujuan kami datang mengajak (Ansor dan Banser) agar peduli saat pandemi, semua harus iku jadi duta masker di gugus tugas desa masing-masing," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Camat Rogojampi juga menunjukkan undangan dari PAC GP Ansor. Acara tersebut, dilaksanakan pada Sabtu (19/9) siang. Bertempat di gedung salah satu Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Nanik, juga menyampaikan permintaan maafnya apabila ada pihak yang dirugikan. Sebab tujuannya agar semua pihak terlibat dan turut melakukan sosialisasi masker secara masif dan maraton.

"Tidak ada maksud lain dan dalam hal ini saya minta maaf bila ada yang tersinggung. Saya murni tidak ada kepentingan apapun, murni mengajak ke misi kemanusiaan antisipasi penyebaran Covid-19," pungkasnya.

Sebelumnya, di Banyuwangi beredar video pembaiatan yang ditujukan untuk mendukung bakal Pasangan Calon (Paslon) Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi (Cabup-cawabup), Ipuk Fiestiandani Azwar Anas - H Sugirah.

Informasi lainnya, kegiatan Rapat Kerja & Orientasi Kader yang diselenggarakan oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) Ansor itu dihadiri oleh Camat Rogojampi, Nanik Machrufi.[haf]