IDI Meminta Pemerintah Cukupi Logistik Obat Dan Alkes

Wakil Ketua Umum PB IDI dr. Slamet Budiarto/Net
Wakil Ketua Umum PB IDI dr. Slamet Budiarto/Net

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menerima keluhan dari banyak dokter yang menangani pasien positif Covid-19 mengenai ketersediaan obat-obatan dan alat kesehatan (alkes).


Wakil Ketua Umum PB IDI dr. Slamet Budiarto, SH., MH.Kes mengatakan, keluhan yang diterimanya itu merupakan satu hal yang sangat penting.  Sebab, penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit akan sesuai target pemerintah, yaitu menurunkan angka kematian, jika obat-obatan dan peralatan kesehatan tersedia lengkap.  

"Kepada pemerintah kami mohon untuk semua logistik yang terkait dengan pengobatan harus tercukupi, termasuk ventilator maupun obat-obatan," ujar Slamet dalam diskusi virtual yang disiarkan akun YouTube BNPB, Senin (5/10).  

Secara pelayanan, Slamet tidak mendapatkan keluhan apapun dari para dokter maupun tenaga kesehatan lainnya. Karena sampai sejauh ini, mereka masih bersemangat membantu masyarakat melawan infeksi Covid-19.  Akan tetapi, terkait dengan obat-obatan dan peralatan kesehatan diharapkan bisa dipenuhi oleh pemerintah. 

Agar penanganan pasien bisa lebih cepat dan akhirnya bisa meminimalisir korban.  

"Karena kan program pemerintah sekarang menurunkan angka infeksi dan menurunkan angka kematian. Jadi kalau sudah siap tapi obatnya tidak ada, maka akan mengganggu pelayanan. Kami mengharapkan semuanya sudah ada," demikian Slamet Budiarto. 


ikuti update rmoljatim di google news