Hujan Deras Di Kediri Picu Banjir dan Pohon Tumbang

Petugas BPBD Kediri memotong pohon tumbang
Petugas BPBD Kediri memotong pohon tumbang

Hujan deras terjadi di Kota Kediri sejak sore hingga petang kemarun, menyebabkan sejumlah titik mengalami banjir. Di antaranya Jalan Yos Sudarso, Jalan Joyoboyo, Jalan Brawijaya, Semampir, Kaliombo dan Ngadisimo.


Mohamad Aspan Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Kediri mengatakan, banjir terjadi di kawasan yang selama ini memang rentan banjir, terutama jika hujan turun dengan intensitas tinggi dan lebih dari satu jam. Meskipun begitu, air bisa cepat surut karena saluran air masih memadai dan berfungsi baik. 

" anjir yang terjadi tadi malam, memang di tempat yang rentan terjadi banjir. Tetapi disisi lain, memang tadi malam intensitas hujan cukup tinggi. Tetapi, air tidak sampai lama sudah surut," kata Aspan Kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Kamis (07/01). 

Selain titik tersebut, banjir juga menggenang di Kelurahan Banjarmlati. Hal ini, kata ASPAN, disebabkan tidak adanya saluran air di beberapa kompleks perumahan. 

Sehingga ini harus menjadi evaluasi bagi pihak pengembang perumahan. Sebelum membangun gedung atau perumahan, wajib menyediakan fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos-fasum), salah satunya sistem drainase yang baik.

"kalau banjir di Banjarmlati, terutama di kompleks perumahan, memang tidak ada drainasenya. Sehingga, ini bisa menjadi sebuah evaluasi bagi pengembang, sebelum membangun perumahan harus menyediakan drainase yang bagus", ujar Aspan. 

Selain banjir, hujan deras disertai angin kencang juga menyebabkan pohon tumbang di beberapa titik di Kota Kediri. Seperti di area parkir Golden Swalayan, Jalan M.H. Thamrin dan Kelurahan Bangsal.

Namun petugas BPBD Kota Kediri sigap melakukan penanganan dan evakuasi. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

"Hujan deras tadi malam, selain menyebabkan banjir, juga menyebabkan banyaknya pohon tumbang di sejumlah titik di Kota Kediri. Tetapi, petugas dari BPBD Kota Kediri, langsung melakukan penanganan dan pembersihan," tutupnya.