Usai Dilantik, Ini Pesan Bupati Mundjidah Pada Sembilan Kades

  Kades Terpilih Pada Pilkades  16 Desember 2020 Dilantik/RMOLJatim
Kades Terpilih Pada Pilkades 16 Desember 2020 Dilantik/RMOLJatim

Sembilan Kepala Desa yang terpilih pada Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak 6 Desember 2020 lalu telah dilantik. Bupati Jombang, Mundjidah Wahab berpesan supaya bekerja menjalankan tugas dengan amanah dan menyusun program kerja yang dapat bersinergi dengan pemerintah daerah.


"Kepala Desa itu ujung tombak dalam pembangunan negara karena berhubungan dengan masyarakat secara langsung. Diharapkan Kepala Desa bisa bersinergi, serta menjadi kepanjang tangan Pemkab dalam pembagunan daerah," kata Bupati Mundjidah, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, dalam sambutan pelantikan Kepala Desa, di Aula Bung Tomo, Pemkab Jombang, Kamis (7/1).

Akan tetapi, lanjut Bupati Mundjidah menegaskan bahwa menjadi kepala desa merupakan suatu hal yang tidak mudah, dan perlu adanya mental yang kuat agar tidak tergoda dengan berbagai hal yang dapat bersentuhan dengan hukum, dimana pengelolaan anggaran harus tepat guna, karena anggaran di desa sangatlah besar.

Harapannya, semua kepala desa dapat mengemban amanah, bisa memaksimalkan anggaran desa yang begitu besar untuk kepentingan masyarakat bersama bukan malah terjerumus di dalamnya yang mengakibatkan Kepdes dijerat hukum karena penyalahgunaan," tegas Mundjidah.

Terkait, program dan visi misi Pemerintah Kabupaten Jombang. Bupati Mundjidah menandaskan jika sinergi antara Kepdes dengan Pemkab Jombang agar terus terjaga dan saling berkolaborasi dalam terwujudnya visi misi yakni Jombang yang berkarakter dan berdaya saing.

Untuk itu, Kepdes harus turut serta mendukung program dari Pemkab Jombang dalam hal pembangunan dan sebagainya, untuk terus bersinergi," harapnya.

Dikemukakan Bupati, bahwa salah satu sinergi Pemkab dan Desa yakni berkolaborasi dalam pencegahan Covid 19. Dimana masa pandemi Kepdes harus selalu memberikan arahan kepada masyarakat agar terus melawan Covid-19 dengan sama-sama dengan cara menerapkan disiplin protokol kesehatan.

Covid-19 belum berakhir, peran Kepdes bisa menjadi sentral dalam menerapkan dan menegakkan disiplin prokes, juga mensosialisasikan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan," pungkasnya.

Diketahui, Pilkades serentak digelar pada 16 Desember 2020 lalu. Adapun Kepala Desa yang terpilih antara lain, Syamsudin Kepala Desa terpilih Desa Banjardowo Kecamatan Jombang, Suwito Hadi Kepala Desa terpilih Desa Madiopuro Kecamatan Sumobito, Sudarwati Desa Marmoyo Kecamatan Kabuh, Imam Baihaqi Desa Mojoduwur Kecamatan Mojowarno, Samsul Hadi Desa Ngrimbi Kecamatan Bareng, Eko Hariyanto Desa Pulogedang Kecamatan Tembelang, Aries Firmansyah Desa Seketi Kecamatan Mojoagung, Isnadi Kepala Desa terpilih Sukoiber Gudo, dan Sugiyono terpilih menjadi Kepala Desa Wangkalkepuh Kecamatan Gudo.