Baznas Probolinggo Gelar Khitanan Massal

Suasana khitanan massal oleh Baznas Kabupaten Probolinggo/Ist
Suasana khitanan massal oleh Baznas Kabupaten Probolinggo/Ist

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Probolinggo menggelar khitanan masal bagi anak dari keluarga kurang mampu.Acara khitanan massal ini bekerjasama dengan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kota Kraksaan. Pelaksanaannya dilakukan di Kecamatan Tegalsiwalan.


" Hari ini ada 25 anak yang dikhitan," kata Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Ahmad Muzamil, pada Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (10/1).

Menurut Muzammil, khitanan kali ini terbilang terbatas, sebab masih Pandemi Covid-19. Sehingga, tidak terlalu banyak mengumpulkan anak.

"Jumlahnya kami batasi, karena situasi sedang  pandemi COVID-19," ujarnya.

Kegiatan khitanan massal ini, lanjut Muzamil, diharapkan dapat membantu meringankan beban para wali khitan. Karena bila biaya sendiri, maka biayanya bisa mencapai Rp 350 ribu sampai Rp 500 ribu.

"Semoga meringankan beban para orang tua, untuk mengkhitan putra-putranya," harapnya.

Selain khitanan gratis, Baznas juga memberikan bingkisan berupa seperangkat alat sholat berupa baju, sarung dan songkok. Kemudian ditambah sembako untuk wali khitan.

“Semoga anak-anak yang dikhitan sudah melakukan proses thoharoh (bersuci) sebagai rukun melaksanakan ibadah kepada Allah SWT bila nantinya sudah mukallaf (baligh),” pungkasnya.