Atasi Kekurangan Air Saat Kemarau, Walikota Kediri Sidak Sumur Bor

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Pembangunan sarana air bersih dari Kementrian ESDM yang merupakan hasil usulan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar telah selesai dibangun. Sumur bor dengan kedalaman 120-125 meter ini berada di Lebak Tumpang, Kelurahan Pojok, Kota Kediri.


Saat melihat langsung sumur bor yang ada di samping Puskesmas Pembantu Kelurahan Pojok ini, Wali Kota Kediri menceritakan sejarah pengajuan sumur bor bagi warga Kelurahan Pojok. 

“Pengajuan sumur bor di Lebak Tumpang Kelurahan Pojok ini, karena disini tidak dapat terlayani oleh PDAM Kota Kediri. Proses pembangunannya relatif cepat. Pas acara Kementerian ESDM di Yogyakarta bulan Oktober lalu saya berbicara ke Dirjennya. Ternyata pada bulan November langsung dilakukan pengeboran,” kata Wali Kota Kediri, Kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Kamis (14/01). 

Wali Kota Kediri juga menyampaikan harapannya atas keberadaan sumur bor ini. 

“Dengan adanya sumur ini bisa membantu warga sekitar. Selain itu, jangan lupa untuk selalu dikelola dan dijaga dengan baik secara bersama-sama, baik warga maupun kelurahan,” pesan Wali Kota Kediri. 

Pada kesempatan ini, Kepala Barenlitbang Kota Kediri Edy Darmasto menambahkan kondisi sebelum dibangunnya sumur bor hibah Kementerian ESDM ini. 

“Selama ini, pemenuhan air bersih bagi masyarakat di wilayah tersebut disodet dan langsung dialirkan HIPPAM Sumber Tretes Lestari ke sambungan rumah tangga. Ketika musim kemarau debit air menurun drastis dan untuk melakukan pengeboran memerlukan upaya lebih karena muka air tanah cukup dalam,” tambah Edy Darmasto. 

Setiap tahunnya warga lingkungan Lebak Tumpang Kelurahan Pojok ini, sering kekurangan air bersih apalagi saat musim hujan air yang berasal dari Sumber Tretes airnya keruh. Sedangkan pada musim kemarau cukup jernih, hanya jumlahnya terbatas. Untuk mendapatkan air bersih warga selalu meminta bantuan kepada BPBD, kelurahan, TPA dan DLHKP untuk menyuplai air bersih. 

“Saya berharap tidak terjadi kekurangan air bersih lagi dan mampu menyuplai air bersih di lingkungan sekitar sumur karena sumur ini untuk kemakmuran dan kemaslahatan masyarakat,” kata Lurah Pojok Erly Maya Muryati.