Bukan Joe Biden, AHY Jadi Kuda Hitam Pilpres 2024 Jika Mengkapitalisasi Seluruh Jaringan SBY

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono/Net
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono/Net

Bukan Joe Biden yang berpengaruh terhadap kemenangan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang, melainkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).


Direktur Eksekutif Indopolling Network, Wempy Hadir mengatakan, AHY akan menjadi kuda hitam di Pilpres mendatang jika mampu mengkapitalisasi seluruh jaringan yang dibangun SBY selema 10 tahun berkuasa.

"AHY akan menjadi kuda hitam pada pilpres 2024 jika mampu mengkapitalisasi seluruh jaringan yang dibangun oleh SBY selama berkuasa 10 tahun menjadi presiden," demikian analisa Wempy dilansir dari  Kantor Berita Politik RMOL, Senin (25/1).

Kata Wempy, kemenangan Joe Biden di AS tidak ada korelasi dengan peluang AHY di Pilpres 2024. Sebabnya, dalam demokrasi elektoral, faktor popularitas adalah salah satu penentu.

Dalam merebut kursi kemenangan di Pilpres, AHY perlu serius mempersiapkan diri melakukan kerja-kerja yang terukur. Dengan demikian, pada saatnya akan dilirik oleh partai lain untuk melakukan koalisi.

"Menurut saya kemenangan Joe Biden di AS tidak ada korelasi dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Masih ruang bagi AHY untuk melakukan personal branding agar bisa dikenal secara luas oleh publik," demikian kata Wempy.