Jelang Imlek, Klenteng Tjo Hwie Kiong Laksanakan Ritual

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Umat Klenteng Tri Dharma Tjoe Hwie Kiong Kota Kediri melaksanakan ritual sembahyang menjelang Tahun Baru Imlek Shio Kerbau logam emas.


Klenteng Tjoe Hwie Kiong terletak di jalan Yos Sudarso Kota Kediri menjadi salah satu tempat peribadatan umat Tri Dharma terbesar di Kota Kediri. 

Hari ini, persiapan umat Tri Dharma menjelang Tahun Baru Imlek 2572 yang jatuh pada tanggal 12 Februari 2021 mendatang, Banyak hal yang dipersiapkan oleh pengelola klenteng.

Berbagai persiapan yang dilakukan untuk menyambut tahun baru Imlek dengan Shio Kerbau logam emas itu, termasuk sembahyang "song sen" menghantarkan para dewa Dewi naik ke langit,  pembersihan klenteng, memandikan Kim Sin atau patung.

Halim Prayogo selaku sekretariat klenteng Tjoe Hwie Kiong mengatakan, Tahun baru Imlek tahun Ini dengan shio kerbau emas  yang mempunyai arti pekerja keras, pantang menyerah dan harus semangat. 

"Harapan pandemi cepat berakhir, perekonomian di Indonesia, khususnya Kota Kediri semakin meningkat, diberi keselamatan dari bencana alam," Kata Halim Kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Jumat (5/2). 

Pada tanggal 11 Februari mendatang, akan ada penyambutan hari raya Imlek, tapi tidak seperti tahun sebelumnya yang dimeriahkan oleh penampilan barongsai, sembahyang bersama hingga ratusan orang, karena masih dalam masa pandemi. 

"Karena masih ada pandemi covid-19, sehingga ada pembatasan berdoa dan sembahyang". Tutup Halim.


ikuti update rmoljatim di google news