Kuliner Khas Tionghoa Hadir di Banyuwangi, Cocok Jadi Hidangan saat Cap Go Meh

Caption: Chef Aziz mengenalkan Chinese set menu yang cocok jadi hidangan saat Cap Go Meh/RMOLJatim.
Caption: Chef Aziz mengenalkan Chinese set menu yang cocok jadi hidangan saat Cap Go Meh/RMOLJatim.

Tahun Baru China (Chinese New Year) yang dikenal dengan Imlek memang telah berlalu. 


Namun, puncak perayaan Imlek biasa digelar di malam ke-15 bulan pertama, yang dikenal dengan Cap Go Meh.

Biasanya, dalam acara puncak Imlek ini diisi dengan makan bersama keluarga. Selain pertunjukan barongsai hingga menyalakan lampion.

Rupanya, perayaan puncak Imlek ini melatari Kokoon Hotel Banyuwangi mengadakan food arcade, sebuah kolaborasi dengan Kokoon Surabaya dibidang kuliner.

Head Chef Kokoon Hotel Surabaya, Chef Aziz menjadi bintang tamu dan akan menghidangkan Chinese Set Menu untuk dikenalkan kepada pecinta kuliner China.

Cold Out Combination Salad akan disajikan pertama, sebagai hidangan pembuka. Sembari menunggu sajian utama dari menu ini.

Yakni, ada Caramelized Cashew Nuts, Chinese Pickles, Chicken Herbal Soup, Prawn Mayonnaise, Beef Blackpaper.

"Untuk sup herbalnya kita ganti dengan ayam jantan. Jadi, Chinese set menu di sisi semua halal," kata Chef Aziz, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (28/1).

Selain itu, masih dalam set menu ini, pelanggan restoran Kokoon ditantang mencicipi Salmon Steam Soya Hongkong, String Bean Cabe Garam, dan XO Fried Rice.

Setelah puas menyantap makanan berat, pelanggan akan dimanjakan dengan sajian penutup, dessert Mango Pudding dan Jasmine Tea. Keduanya, jelas dia, merupakan hidangan tradisional dalam budaya Thionghoa.

“Selain memperkenalkan kuliner khas Tionghoa, kami juga mengajak pengunjung mengenal budaya dan filosofinya” jelasnya.

“Seperti kita tahu kuliner Tionghoa memiliki banyak filosofi yang melambangkan kemakmuran, kesejahteraan, dan kekeluargaan”.

Seluruh hidangan tersebut, diolah dengan rempah-rempah yang didatangkan dari China. Sehingga, pecinta kuliner China bakal mendapatkan olahan masakan yang mirip dengan di negeri asalnya.

Apalagi, Aziz juga memiliki pengalaman di Hongkong selama kurang lebih 17 tahun, bergelut dan menekuni dibidang kuliner.

Namun demikian, penggemar kuliner khas Thionghoa harus bersabar dulu. Sebab, aneka menu tersebut akan mulai dijual pada tanggal 9 sampai 15 Februari mendatang.

Harga yang ditawarkan pun juga sepadan dengan aneka menu yang didapat, yakni Rp288 ribu per orang dengan minimum pemesanan 3 orang.

“Menu spesial ini minimum pemesanannya 3 orang, lebih dari orang pun masih boleh kok. Karena kita konsepnya family style,” kata Erwin Perdana Warman, Executive Assistant Manager F&B Kokoon Hotel Banyuwangi.