HPN 2021, Bupati Probolinggo : Peran Pers Itu Penting

Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari/RMOLJatim
Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari/RMOLJatim

Dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Bupati Probolinggo, Puput Tantriana mengajak pelaku media (wartawan) mengedepankan nilai edukasi di tengah maraknya berita hoax, utamanya ditengah pandemi Covid-19. Sebab, wartawan merupakan corong informasi masyakarat.


”Media memiliki peran penting untuk mendorong percepatan pembangunan dan memotivasi lahir inovasi selain fungsi kontrol," jelas Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (8/02).

Menurutnya, peran wartawan lebih penting mengedepankan nilai edukasi ketimbang menyajikan berita sensasi. Sebab, ditengah derasnya media sosial yang tidak sedikit informasinya banyak seliweran, serta datanya tidak terverifikasi dan akurat. Hal ini timbul multitafsir dan mengundang kontroversi.

"Mempertimbangkan itu tentunya sumbangsih wartawan sangat dibutuhkan. Verifikasi pemberitaan sudah menjadi keharusan, produk jurnalis akan menjadi referensi bagi kita semua," ujarnya.

Selain itu, masih kata Tantri, ditengah Pandemi Covid-19 ini, peran media juga diperlukan. Hal itu mengingat, untuk mengkampanyekan Protokol Kesehatan pada publik.

"Sehingga, pembaca itu faham betul, bagaimana arti penerapan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19 ini," tukasnya.

Bupati Probolinggo dua Periode ini juga berharap, pers yang profesional mampu menjadi pelatuk perkembangan wisata yang kini keok akibat pandemi Covid-19.

“Bagaimana bisa tumbuh bersama, ending-nya satu. Yakni, untuk kemajuan bersama. Baik infrastruktur dan noninfrastruktur. Saling support dengan tugas masing-masing,” tandasnya.