Rakornas dengan Menteri Bappenas, Emil Dardak: Fokus Pada Pembangunan

Wakil Gubernul Jatim, Emil Dardak/Ist
Wakil Gubernul Jatim, Emil Dardak/Ist

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak mengatakan, ada 45 program nasional yang dijadikan acuan Pemprov Jawa Timur untuk dimasukan dalam Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) 2021. Diantaranya adalah pengentasan kemiskinan, pembangunan SDM dan infrastuktur yang ada di Jatim.


“Kami mengacu pada 45 Program Nasional untuk menyampaikan usulan-usulan ini, Diantaranya pembangunan SDM, industri dan perdagangan, infrastruktur, kemiskinan, stunting, dan banjir,” jelas Emil Dardak usaiRakornas dengan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa bersama Gubernur seluruh Indonesia, Rabu (24/2).

Mantan Bupati Trenggalek tersebut menyatakan, untuk mempercepat peningkatan SDM, Pemprov Jatim telah mengembangkan SMK pengampu agar menjadi rujukan bagi sekolah lain untuk melatih ketrampilan siswa.

“Pembangunan SDM di Jawa Timur salah satunya melalui SMK dengan memperkuat link and match pendidikan dengan industry. Kami memiliki program yakni SMK Pengampu SMK ini akan menjadi rujukan untuk SMK lainnya yg ada di Jatim untuk keahlian-keahlian yang akan menjadi fokus SMK tersebut.” tutur Emil

Dikatakan Emil, selama ini Pemprov Jatim punya beberapa sekolah unggulan yang bisa dijadikan acuan untuk pengembangan SDM di Jatim.

“Ada 5 SMK yang akan menjadi Centre of Gravity untuk pengembangan vokasi  berkualitas.

“Lokasinya cukup tersebar, ditambah dengan adanya BLK yang akan memperkuat” tambahnya.

Dia berharap agar rakornas tersebut bisa menyelaraskan pembangunan antara Pemprov Jatim dengan pemerintah pusat. Sehingga, fokus pembangunan dan rencana yang tertuang dalam Perpres Presiden (Perpres) Nomor 80 segera diwujudkan di Jawa Timur.


ikuti update rmoljatim di google news