Ratusan Rumah Dan Fasilitas Umum Di Bojonegoro Terendam Banjir

Kondisi salah satu puskesmas pasca banjir/RMOLJatim
Kondisi salah satu puskesmas pasca banjir/RMOLJatim

Ratusan rumah dan fasilitas umum di Bojonegoro terendam banjir akibat luapan anak sungai pacal tak mampu menampung air hujan sejak dua hari ini.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Nadif Ulfia mengatakan, Banjir telah menggenangi diduga Kecamatan, yakni Gondang dan Balen.

"Ketinggian air mencapai 40 hingga 60 centimeter," katanya kepada Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (3/3).

Saat ini, BPBD sedang melakukan asesmen dibeberapa titik banjir. BPBD juga telah menyiagakan sejumlah personel ke lokasi banjir. 

"Petugas kami sudah siap siaga 24 jam, jika terjadi sebuah bencana anggota langsung turun ke lokasi," ujar Nadia.

"Tapi kita juga berharap agar masyarakat juga tetap waspada, jika terjadi banjir bandang sebaiknya menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman," harapnya.

Dari beberapa desa yang tergenang banjir, sebagai sudah mulai surut dan warga juga telah membersihkan masing-masing rumahnya.

"Untuk di Desa Sidobadung ada beberapa dusun yang terendam seperti Dusun Mekarah, Dusun Dureg, Dusun Grabangan dan Dusun Sidobandung," tandasnya.

Dari pantauan, selain merendam rumah warga dan fasilitas umum seperti Puskesmas, jalan poros kecamatan dan desa, banjir tersebut juga menggenangi sawah warga. 

Beruntung, Kejadian banjir ini tidak menimbulkan korban jiwa.