Komitmen K3 Antar Pelindo III Raih Prestasi

K3 Pelindo III / humas
K3 Pelindo III / humas

Komitmen dalam penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan perusahaan membawa PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III kembali memperoleh penghargaan. Kali ini giliran World Safety Organization atau WSO yang memberikan penghargaan bintang 4 (Silver) pada Pelindo III melalui ajang WSO Indonesia Safety Culture Award (WISCA) 2021 yang diselenggarakan secara daring, Rabu (3/3).


Pelindo III dinilai layak menerima penghargaan tersebut karena memenuhi beberapa indikator diataranya telah secara konsisten dan bersungguh-sungguh mengimplementasikan program K3 diantaranya sertifikasi SMK3 di seluruh anak perusahaan, 16 pelabuhan, 1 terminal, dan kantor pusat.

President Director WSO International Alfredo A. De La Rosa, Jr., menyampaikan, masa pandemi seperti saat ini memaksa seluruh perusahaan lebih peduli dalam upaya perlindungan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) para pegawainya. Hal tersebut membuat produktivitas perusahaan bisa tetap terjaga termasuk Pelindo III yang dianggap telah berhasil mengimplementasikan hal tersebut.

“Semua pihak memang sudah seharusnya bersama-sama dalam menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja demi keberlanjutan bisnis masing-masing perusahaan, apalagi ditengah pandemi ini yang telah menjadi krisis global,” katanya.

Senada dengan pernyataan Alfredo, Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto menyebut penerapan budaya K3 di lingkungan kerja menjadi fokus perusahaannya dalam rangka menjaga produktivitas di tengah pandemi. Bahkan pelindo III juga berhasil mendapatkan prestasi zero accident di wilayah kerjanya.

“Kami terus berupaya menjaga komitmen tersebut sebagai bentuk amanah dan loyalitas kami sebagai badan usaha milik negara. Di kesempatan yang berbahagia ini, saya juga menyampikan dukungan penuh Pelindo III dalam menjadikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai budaya," lanjut Edi.

WISCA 2021 merupakan ajang yang dapat menjadi tolak ukur perusahaan dalam meningkatkan implementasi budaya K3 dan mendorong terwujudnya target nasional berbudaya K3. Pada Penghargaan WISCA 2021, 57 perusahaan terdaftar berpartisipasi dari berbagai bidang industri di seluruh Indonesia.