Sidang Habib Rizieq Ricuh, Polri Tegaskan Tidak Ikut Campur 

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono/Net
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono/Net

Seseorang yang sudah resmi menjadi terdakwa menjadi domain kejaksaan. Sehingga Polri tidak ikut campur dalam persidangan terdakwa Habib Rizieq Shihab.


Demikian disampaikan Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono soal kekisruhan yang terjadi saat sidang kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan dengan terdakwa Habib Rizieq Shihab, Jumat kemarin (19/3). 

"Sekali lagi, hal seperti itu sekali lagi manajemen persidangan itu ada Hakim dengan Jaksa," kata Rusdi, di Jakarta seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (20/3).

Rusdi mengatakan, aparat kepolisian hanya dilibatkan dalam proses pengamanan dan penjagaan. Untuk itu, Rusdi meminta soal keributan itu ditanyakan langsung ke kejaksaan.

"Tentunya kalau ada hal yang menyangkut persidangan itu sendiri. Polri hanya mengamankan saja. Mungkin yang lebih jelas dari pihak Kejaksaan," pungkas Rusdi.

Sebelumnya, kuasa hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar meluruskan informasi yang beredar soal kekisruhan yang terjadi antara kliennya dengan jaksa menjelang persidangan secara online. Menurut Aziz, hal itu karena ada kesalahpahaman antara Rizieq dan pihak Kejaksaan soal mekanisme sidang dilakukan secara online.

"Saya ingin klarifikasi terkait ramainya, viralnya, kisruh di rutan Mabes Polri yang katanya ada pemukulan, lalu ada kekerasan, klarifikasi bahwa kejadian tadi siang adalah kejadian biasa hanya hal kecil, salah paham, jaksa memaksa Habib untuk hadir ke ruang persidangan online. Dan ditolak sehingga terjadi sedikit ketegangan akan tetapi itu biasa dan tadi Habib ikut dengan sangat terpaksa, dengan dipaksa ikut," kata Aziz di Jakarta, Jumat (19/3).