Pemkot Surabaya Pastikan 154 UMKM Bakal Promosikan Produk di Graha Sawunggaling

Produk UMKM di Balai Kota Surabaya/RMOLJatim
Produk UMKM di Balai Kota Surabaya/RMOLJatim

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya belum menghitung berapa jumlah para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mengikuti pameran virtual perdana di lantai 6 Gedung Graha Sawunggaling, Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.


Acara tersebut akan berangsung pada 9 - 11 April 2021.

Kendati demikian Pemkot Surabaya menegaskan rencananya total pelaku UMKM yang terlibat pada acara pameran virtual berjumlah 154 UMKM. 

Dari angka itu, terdiri dari 154 kelurahan dimana setiap kelurahan mengirimkan satu perwakilan dengan menjual kuliner, fashion dan kerajinan tangan.

“Karena ini adalah perdana. Jadi nanti akan ada acara serupa sehingga bagi UMKM yang belum mewakili bergilir nantinya. Persiapannya juga kita pastikan kualitas dan legalitasnya,” kata Kepala  Dinas Disperindag Kota Surabaya Wiwiek Widayati dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (23/3).

Tidak disangka, para undangan yang hadir sangat antusias mereka setelah membeli lalu berikutnya sesi foto. 

Alhasil, Wiwiek menghitung, hasil penjualan hari ini mencapai Rp 37 juta. 

“Tidak hanya kepala OPD tetapi stafnya juga ada yang membeli. Tentunya harapan kami penjualan saat pameran virtual lebih banyak lagi,” paparnya.

Salah satu undangan bernama Shinta Setia mengungkapkan kegiatan ini merupakan alternatif untuk membangkitkan ekonomi di Kota Pahlawan. 

Bahkan, menurut dia produk yang dijual pun  mengikuti fashion terkini dengan kualitas yang dapat bersaing.

“Saya beli, bros, kerudung, kain, baju atasan untuk suami. Menariknya untuk yang jualan bros menyediakan layanan setelah penjualan. Dimana saat manik-maniknya lepas dibantu perbaiki,” kata Shinta Setia yang juga istri dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhsan.