Tinjau Ujian Perangkat Desa, Bupati Tuban Minta Peserta Tak Percayai Isu Soal Ujian Bocor

Bupati Tuban H. Fathul Huda dan Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein saat meninjau ujian perangkat desa/RMOLJatim
Bupati Tuban H. Fathul Huda dan Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein saat meninjau ujian perangkat desa/RMOLJatim

Bupati Tuban, H. Fathul Huda dan Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, meninjau langsung ujian perangkat desa tahun 2021.


Bupati dan wakilnya melakukan peninjauan di Kecamatan Montong dan Jenu. Sedangkan Wabup Tuban di kecamatan Semanding, Grabagan dan Rengel.

Ujian perangkat desa yang digelar secara serentak di 20 Kecamatan tersebut diikuti  di 1.506 orang. Mereka akan saling bersaing untuk memperebutkan 98 formasi pada 80 desa.

"Saya menyampaikan apresiasi atas kelancaran rangkaian kegiatan tes perangkat desa tahun ini,” kata Bupati Tuban Fathul Huda. dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu ( 24/3).

Huda menyebut, peserta tes diharapkan mampu memperoleh nilai terbaik. Mengingat bobot soal telah disesuaikan dengan rata-rata latar belakang pendidikan pendaftar.

Selain itu, Huda juga mengimbau masyarakat agar tidak percaya jika ada orang mengaku memiliki bocoran soal dan jawaban. Menurutnya, seluruh rangkaian tes perangkat desa diawasi dengan ketat untuk menghindari terjadinya praktek percaloan.

"Harapannya, pelaksanaan ujian yang baik mampu menghasilkan perangkat desa yang terbaik dan kompeten,” tuturnya sambil meminta Forkopimka tiap kecamatan untuk mengawal dan mengawasi wilayahnya.

Terpisah, Kasi Peningkatan Kapasitas Aparat dan Lembaga Pemerintahan Desa, Dispemasdes dan KB Kabupaten Tuban, Suhud menyebutkan terdapat 19 kecamatan di Kabupaten Tuban yang mengadakan ujian perangkat desa. hanya kecamatan Kerek yang tidak menyelenggarakan ujian.

"Karena tidak ada posisi perangkat desa yang kosong," pungkasnya.

Diketahui, Kecamatan yang menyelenggarakan ujian perangkat desa diantaranya, Kecamatan Kenduruan ada 3 desa, Kecamatan Jatirogo 4 desa, Kecamatan Bangilan 2 desa, Kecamatan Bancar 5 desa, Kecamatan Senori 5 desa, Kecamatan Tambakboyo 2 desa, Kecamatan Singgahan 2 desa, Kecamatan Parengan 5 desa, Kecamatan Montong 3 desa, Kecamatan Soko 6 desa, Kecamatan Jenu 2 desa, Kecamatan Merakurak 5 desa.

Sedangkan Kecamatan Rengel ada 8 desa, Kecamatan Semanding 2 desa, Kecamatan Tuban 2 desa, Kecamatan Plumpang 6 desa, Kecamatan Palang 6 desa, Kecamatan Widang 7 desa, dan Kecamatan Grabagan 5 desa.


ikuti update rmoljatim di google news