Beri Izin WNA Masuk Bali dan Kaji Visa 5 Tahun, Luhut Minta Vaksinasi Dirampungkan

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan/Net
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan/Net

Pemerintah melalui Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memberi izin wisatawan asing masuk ke Bali. Karena itu Luhut meminta agar vaksinasi dirampungkan guna mencapai herd immunity.


"Peraturan lagi kita evaluasi karena sekarang kami sedang upayakan vaksinasi kepada 1,8 juta orang atau dekat 2 juta. Bulan April-Mei kita bisa tambah 1 juta orang sehingga bulan Juli harapan kami sudah terbentuk herd immunity dan Bali jadi green zone,” kata Menko Luhut dalam keterangan tertulisnya dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (26/3).

Dengan terbentuknya herd immunity, Luhut berharap Bali dapat segera membuka akses untuk wisatawan asing. Belajar dari dampak pandemi ini, pemerintah membuat kebijakan untuk melakukan diversifikasi ekonomi agar ekonomi Bali lebih tahan terhadap guncangan.

"Kita siapkan kebijakan jangka pendek dan jangka menengah untuk mengembangkan ekonomi Bali dari sektor industri kreatif, pendidikan tinggi, energi terbarukan, pertanian dan wisata kesehatan,” imbuhnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Luhut mengatakan bahwa pemerintah membuka peluang investasi dari negara-negara sahabat. Di sisi lain, pemerintah juga akan mulai mengkaji pemberlakuan visa 5 tahun bagi warga asing. 

"Setelah kita melakukan kajian, kita akan memberlakukan kebijakan ini dalam waktu dekat supaya dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata misalnya dengan adanya work from Bali,” tandasnya.