Bantu Korban Gempa, Dandim Probolinggo Sebarkan Prajuritnya

Aksi bersih-bersih sisa reruntuhan bangunan pasca Gempa. /RMOLjatim
Aksi bersih-bersih sisa reruntuhan bangunan pasca Gempa. /RMOLjatim

Kodim 0820 Probolinggo  menerjunkan puluhan personil untuk melakukan pembersihan material bangunan rumah rusak, akibat gempa bumi yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, Sabtu (10/4), siang. 


"Kita terjunkan 30 personil TNI juga di bantu Polri untuk membantu para relawan di kecamatan Sumber. Karena, di kecamatan Sumber merupakan titik terbanyak dampak gempa," jelas Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol Inf Imam Wibowo, pada Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (11/4).

Selain itu, Kodim juga memberikan bantuan sembako berupa beras, mie instan, minyak goreng dan lainnya turut disalurkannya, guna meringankan beban para korban terdampak bencana.

"Untuk bantuannya, tadi kami sudah kirimkan, sekitar 11 paket sembako bagi warga terdampak gempa di Kecamatan Sumber," ujarnya.

Dandim mengatakan, jika kesiagaan akan bencana bakal terus dilakukan di minggu ini, hingga situasi dan kondisi kembali normal.

"Yang jelas, di Kodim sendiri setiap harinya kami siagakan sekitar 60 personil, guna tanggap penanganan bencana. Dan 30 personil, sudah terjun ke Kecamatan Sumber tadi pagi," terangnya.

Selain bantuan personil dari Kodim 0820 Probolinggo, personil dari masing-masing koramil yang berjumlah sekitar 15 personil juga terus disiagakan.

"Fokus kami, di penyelamatan jiwanya dahulu. Dan syukur, sejauh ini kondisinya masih aman," ujar Dandim.

Terkait perbaikan bangunan terdampak bencana, Dandim menyebutkan, pihaknya masih melakukan koordinasi bersama pemerintah daerah, terkait pengadaan bahan-bahannya.

Personil TNI sendiri, terang Dandim, selalu siap diperbantukan untuk proses perbaikan bangunan-bangunan terdampak gempa.

"Untuk mempermudah penanganan warga terdampak bencana dan penyaluran bantuan para dermawan, kami juga telah bangun posko bersama bencana alam di Kecamatan Sumber," pungkasnya.