Prodi Sastra Jepang Unitomo Gelar Kuliah Tamu, Bahas Budaya Jepang Lewat Anime

Dekan FS Unitomo, Cicilia Tantri Suryawati dalam kegiatan kuliah Tamu/Ist
Dekan FS Unitomo, Cicilia Tantri Suryawati dalam kegiatan kuliah Tamu/Ist

Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Dr. Soetomo (FS Unitomo) menggelar Kuliah Tamu dengan mengangkat tema ”Memahami Budaya Jepang melalui Anime”.


Kegiatan dilaksanakan secara daring atau online menggunakan zoom meeting sebagai media pertemuan.

"Dalam perkembangannya, anime dalam penelitian menarik untuk dibahas. Anime yang merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yaitu animation ini dalam budaya Jepang memiliki arti kumpulan gambar yang bergerak”, jelas Puspa Mirani Kadir, melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (21/4).

Puspa menambahkan, meski terkadang dikaitkan, anime berbeda dengan manga.

“Jika anime itu animasi khas Jepang, nah kalau manga yaitu komik gaya Jepang. Manga sendiri terdiri dari dua suku kata yaitu Man yang artinya acak dan Ga yang bermakna gambar”, imbuhnya.

Lebih lanjut, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab seputar anime. Dekan FS, Cicilia Tantri Suryawati mengatakan, kegiatan di tengah bulan ramadhan ini sangat bermanfaat menambah khasanah pengetahuan budaya Jepang melalui anime.

“Ini bisa menjadi bahan untuk peserta yang akan menyusun skripsi, melalui kegiatan ini mereka lebih bisa mendalami anime dengan narasumber yang kompeten”, ujarnya.

Kegiatan yang diikuti sekitar 100 partisipan ini menghadirkan Puspa Mirani Kadir, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran sebagai nara sumber.