Wali Kota Kediri Sidak Kesiapan Sekolah Jelang PTM

Walikota Kediri nerikan pengarahan pada guru
Walikota Kediri nerikan pengarahan pada guru

Wali Kota Kediri,  Abdullah Abu Bakar melakukan sidak ke beberapa sekolah di Kota Kediri. Sidak tersebut terkait kesiapan para guru dan sekolah melakukan pembelajaran tatap muka terbatas.


Seperti diketahui pemerintah pusat telah menargetkan tahun ajaran baru bisa dilakukan secara tatap muka. Adapun sekolah yang disidak yakni SMPN 5 dan SDN Ngronggo 3, Jumat (23/4).

Saat sidak, Wali Kota Kediri masuk ke kelas-kelas untuk melihat penataan bangku, pelaksanaan protokol kesehatan, serta mengecek ketersediaan tempat cuci tangan dan handsanitizer. Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Kediri mengajak para guru untuk menyamakan persepsi terkait protokol kesehatan yang harus diterapkan di sekolah.

“Saya mohon bapak/ibu guru memiliki persepsi yang sama dan melaksanakan protokol kesehatan. Yang perlu disiapkan salah satunya yaitu air mengalir dan sabun. Ajari terus siswa-siswinya agar setiap masuk harus cuci tangan,” pesannya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (23/4). 

Selain itu, guru juga wajib menggunakan masker, dipakai dengan benar dan jika memakai masker kain harus tiga lapis. Karena yang bisa melindungi dan paling besar nilainya adalah kalau semua sama-sama menggunakan masker.

Walikota yang akrab disapa Mas Abu ini menekankan agar selain pembelajaran offline, sekolah juga menyiapkan pembelajaran secara online. Selama uji coba, Wali Kota Kediri juga menyampaikan akan terus memantau dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran tatap muka.

“Walaupun kita offline tapi nanti kita wajib menyediakan sarana online juga. Jadi boleh masuk ataupun tidak masuk. Tugas kita adalah meminimalisir resiko yang akan terjadi,” ujarnya.

Mas Abu berharap kepada bapak/ibu guru ketika mulai nanti harus siap di depan semua untuk melihat dan mengevaluasi kira-kira apa yang kurang.

“Nanti per minggu akan kita evaluasi karena resikonya ini adalah anak-anak. Masih ada waktu, harus betul-betul kita manfaatkan untuk mengecek mana yang paling efektif dan efisien itu nanti yang akan kita gunakan,” jelasnya.