Hardiknas 2021, Bupati Ngawi Bicara Merdeka Belajar

Bupati Ngawi, Ony Anwar saat Hardiknas 2021/Ist
Bupati Ngawi, Ony Anwar saat Hardiknas 2021/Ist

Melalui Dinas Pendidikan (Dindik) Ngawi menggelar puncak kegiatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Pendopo Wedya Graha Ngawi. Sesuai temanya Hardiknas 2021 adalah Serentak Bergerak,  Wujudkan Merdeka Belajar. 


Pada kesempatan ini Bupati Ngawi Ony Anwar secara gamblang membeberkan terkait langsung dengan tema hari pendidikan ditengah situasi pandemi Covid-19. Menurutnya, semua tenaga pendidik dituntut lebih profesional lagi. Alasannya adalah kemampuan peserta didik mempunyai kemampuan kognitif berbeda. 

"Maka dari itu seluruh tenaga pendidik harus profesional lagi dalam mendidik anak-anak yang mempunyai kemampuan kognitif berbeda antara satu dengan lainya," terang Bupati Ngawi Ony Anwar, Senin (3/5).

Lebih lanjut, program merdeka belajar yang diusung oleh Mendikbud Nadiem Makarim ini sejalan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara. Filosofi merdeka belajar juga sudah dikenalkan Bapak Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara. Beliau menekankan berulang kali tentang kemerdekaan belajar.

"Artinya siswa hari ini kedepan diberikan kebebasan mengasah kemampuan sesuai minat bakatnya seperti itu tidak monoton semua dipukul sama," beber Ony.

Ony memerintahkan kepada tenaga pendidik kapasitasnya sekolah harus lebih menyentuh lagi kepada peserta didik dengan fasilitas yang ada ditengah situasi pandemi. Meskipun sesuai rencana pemerintah sekitar Juli 2021 mendatang sudah dilakukan kegiatan pembelajaran tatap muka.

Sementara itu di agenda peringatan Hardiknas 2021 pihak Dindik Ngawi mengapresiasi tenaga pendidik melalui reward yang diberikan. Kategorinya antara lain  guru berprestasi tingkat TK sampai dengan SMP. Juga mendapat apresiasi berkenaan dengan kapasitas kepala sekolah dalam mengelola manajemen sekolah.


ikuti update rmoljatim di google news