Kota Malang Menapaki Usia 110 Tahun, Pj Wali Kota Sebut Sebagai Momentum Refleksi dan Evaluasi

Pj Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM saat memberikan sambutan/ist
Pj Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM saat memberikan sambutan/ist

Peringatan HUT Kota Malang yang genap berusia 110 tahun pada tanggal 01 April 2024 ditandai dengan dilaksanakannya upacara di Balai Kota Malang.


Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM dalam amanatnya saat memimpin upacara mengungkapkan bahwa dengan umur 110 tahun Kota Malang ini bisa menjadi momen untuk refleksi dan evaluasi. 

Waktu yang tepat untuk bisa melihat perjalanan yang telah dilalui sampai sejauh ini, adalah menghargai berbagai pencapaian yang diraih, dan merenungkan bagaimana bisa menghadapi tantangan-tantangan di masa depan.

"Jadi tidak sekadar menjadi sebuah euforia suka cita, namun menjadi memontum refleksi dan evalusi juga," ungkapnya, Senin (1/4). 

Menurutnya, saat ini Kota Malang telah meraih berbagai pencapaian dan akan terus berupaya untuk maju agar makin berkelas.

Kolaborasi lintas sektor menjadi pemersatu dan penyemangat dalam membangun kota, serta dukungan dan sinergitas antara Pemerintah Kota Malang dengan seluruh masyarakat, dan semua stakeholder menjadikan Kota Malang menjadi kota yang maju, modern, dan berdaya saing tinggi.

"Itulah bentuk implementasi dari tema HUT ke-110 Kota Malang yakni Berselaras Untuk Kota Malang Berkelas," tandasnya. 

Masih dikesempatan yang sama, Wahyu Hidayat turut menyampaikan program-program strategisnya untuk membawa Kota Malang makin berkelas.

"Hal itu sebagai perwujudan amanat dalam penyelanggaraan pemerintahan Kota Malang yang terangkum dalam ‘4 Sehat 5 Sempurna’, yakni penanganan inflasi, penanggulanan kemiskinan ekstrem, penurunan stunting, pelayanan publik, dan pengembangan ekonomi kreatif," tuturnya. 

Pihaknya optimis, Kota Malang bisa menjadi kota yang berkelas jika semua komponen masyarakat sama- sama berjuang untuk bisa berselaras dalam satu misi satu visi.

"Dalam satu abad satu dekade ini, kita sudah mengenyam perjalanan panjang. Semoga di usia 110 ini bisa berkelas di segala bidang,” pungkasnya. 

Rangkaian Upacara HUT Kota Malang juga diwarnai dengan penyerahan hadiah dari lomba yang diselenggarakan Pemkot Malang, yaitu lomba Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber), Urban Farming Kelurahan se-Kota Malang Tahun 2024, dan Lomba Kelurahan Tahun 2024.

Terakhir, Sebagai perwujudan 110 usia Malang sebagai waktu yang tepat dalam evaluasi dan refleksi. Di hari yang sama, Pj Wali Kota Malang mengajak jajarannya untuk menelusuri jejak sejarah dan napak tilas ke tempat bersejarah, seperti Gedung KNPI, Stasiun Kota Baru, Gedung BI, KPPN, dan Gedung Kesenian Gajayana. Serta berziarah ke Makam Ki Ageng Gribig.[adv]