Intiland Sukses Pasarkan Proyek Tierra SOHO Surabaya

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Perusahaan pengembang properti PT Intiland Development Tbk (Intiland; DILD) sukses memasarkan hampir semua unit-unit SOHO pada proyek pengembangan terbaru Tierra, di Surabaya. Perseroan berhasil memasarkan hampir seluruh unit Tierra SOHO yang diluncurkan pada bulan April 2021.


"Tierra merupakan salah satu proyek strategis Perseroan yang direncanakan untuk pengembangan jangka panjang. Pengembangan Tierra dilakukan dalam beberapa tahapan yang akan mampu memberikan kontribusi kinerja usaha Perseroan secara signifikan dan berkelanjutan. Tierra masuk dalam pipeline pengembangan proyek jangka panjang Intiland dan menjadi key project yang akan memberikan kontribusi penjualan dan pendapatan jangka panjang. Kesuksesan penjualan ini menjadi sinyalemen positif bahwa pasar properti mulai kembali menggeliat dan konsumen sudah kembali optimis terhadap prospek pasar ke depan dengan melakukan pembelian dan investasi produk properti,” kata Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi Intiland, Archied Noto Pradono, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (7/5).

Pengembangan Tierra menempati area seluas 7,5 hektare yang lokasinya sangat strategis di kawasan Segi Delapan, Surabaya Barat. Mengusung konsep pengembangan mixed-use & high rise terpadu, kawasan ini menjadi solusi terhadap beragam kebutuhan dan aktivitas masyarakat dengan

mengintegrasikan beragam fungsi mulai dari apartemen, perkantoran, hotel, pusat komersial, serta fasilitas hiburan dan gaya hidup modern.

Peluncuran Tierra SOHO menjadi pengembangan tahap pertama dari Tierra. Peluncuran produk komersial ini mempertimbangkan prospek yang sangat baik di kawasan Segi Delapan serta tingginya minat serta kebutuhan konsumen terhadap ketersediaan produk-produk properti komersial yang mulai meningkat.

"Penjualan unit-unit Tierra SOHO mendapat sambutan sangat baik dari konsumen. Sejak diluncurkan bulan April, saat ini telah terjual sebanyak 69 unit atau 90 persen dari total unit yang tersedia. Respon positif dari konsumen ini menegaskan sinyalemen pasar properti sudah mulai kembali menggeliat, terutama di sepanjang kuartal pertama tahun ini," terang Direktur Pemasaran Intiland untuk wilayah Surabaya, Harto Laksono.

Kami, sambung Harto, mengapresiasi atas tingginya minat masyarakat terhadap produk Tierra SOHO. Tren ini menguatkan keyakinan kami bahwa kebutuhan terhadap ruang kerja dan komersial masih tetap tinggi, khususnya di wilayah Surabaya Barat.

Respon positif dari konsumen terhadap produk Tierra SOHO ini, menurut Harto Laksono dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Pertama berkaitan dengan nilai lebih produk, seperti lokasi yang strategis, konsep pengembangan kawasan yang baik, rencana pengembangan jangka panjang, harga yang kompetitif, hingga desain bangunan yang inovatif. 

Kedua adalah faktor pasar antara lain meliputi kebutuhan terhadap produk komersial yang terus tumbuh, potensi pasar di area tersebut, serta pulihnya minat beli dan investasi masyarakat, khususnya terhadap produk properti komersial.

Dari hasil penjualan yang terjadi, Perseroan mendapatkan fakta bahwa mayoritas pembeli Tierra  SOHO adalah para end user. Pertimbangan utama memilih Tierra SOHO karena lokasinya yang strategis, memiliki konsep pengembangan jangka panjang, dan prospek pengembangan kawasan Tierra yang memiliki captive market yang potensial bagi pasar Surabaya Barat.

“Lokasi pengembangan Tierra berada di kawasan yang sudah matang dan dikelilingi kompleks hunian mewah dengan belasan ribu keluarga. Kawasan ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti belasan sekolah unggulan dengan ribuan siswa serta fasilitas pendukung lainnya. Semua ini menjadi captive market yang potensial bagi pengembangan Tierra,” ujarnya lebih lanjut.

Harto mengungkapkan bahwa dari profil pembeli Tierra SOHO, sebagian besar akan memfungsikan unitnya untuk usaha di bidang food & beverage, seperti kafe dan restoran. Namun demikian, ada pula pembeli yang memfungsikannya sebagai kantor dan pusat pendidikan.

“Respon konsumen terhadap penjualan Tierra SOHO sangat baik. Ada konsumen yang membeli hingga 6 unit langsung, yang nantinya difungsikan sebagai pembukaan cabang kedua dari salah satu restoran ternama di kota Surabaya,” jelasnya.

Pasca peluncuran produk Tierra SOHO, Perseroan segera memulai tahapan selanjutnya sesuai dengan perencanaan pengembangan kawasan. Pengembangan tersebut meliputi produk hunian berkonsep low-rise, apartemen, serta fasilitas komersial yang lokasinya tepat di samping area pengembangan Tierra SOHO. 

Perseroan menilai kembalinya kepercayaan konsumen untuk melakukan pembelian dan investasi properti sejak awal tahun 2021, menjadi sinyalemen dan tren positif pulihnya pasar properti nasional.

“Untuk pengembangan selanjutnya, kami terus melihat dan menganalisa arah dan dinamika pasar serta konsumen. Setiap pengembangan dan investasi baru, khususnya produk high rise kami jalankan secara hati-hati dan mengukur tingkat risiko dan daya serap pasarnya,” kata Harto Laksono.