Penjagaan Objek Wisata Situbondo Diperketat

Satgas Ops Ketupat Semeru Polres Situbondo berjaga di salah satu objek wisata di Situbondo/RMOLJatim
Satgas Ops Ketupat Semeru Polres Situbondo berjaga di salah satu objek wisata di Situbondo/RMOLJatim

Antisipasi kerumunan, Satgas Operasi Ketupat Semeru 2021, Polres Situbondo, Jawa Timur, memperketat penjagaan sejumlah tempat keramaian, utamanya objek dan daya tarik wisata Bahari Pasir Putih dan Pantai Pathek. 


Langkah itu dilaksanakan agar tidak kecolongan terhadap masyarakat yang masih nekat mengunjungi tempat wisata.

Sasaran Satgas dalam melaksanakan patroli memantau situasi Kamtibmas, tidak hanya tempat wisata saja. Sejumlah tempat keramaian seperti pertokoan, pasar, dan tempat yang kerapkali jadi rujukan berkerumuan juga menjadi sasaran patroli.

Kegiatan patroli yang dipimpin AKP Didik dengan personil gabungan Sabhara, Satlntas, Intel dan Reskrim berkeliling ke beberapa lokasi keramaian. Mereka mengimbau masyarakat terkait protokol kesehatan (Prokes). 

"Sasaran patroli di antaranya Pasar Mimbaan, Pertokoan Situbondo, Pantai Wisata Pathek dan Wisata Bahari Pasir Putih," ujar Didik kepada Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (15/5).

"Tujuannya untuk ciptakan situasi aman, dan kondusif serta mengingatkan masyarakat yang masih merayakan lebaran tetap mangikuti protokol kesehatan," jelasnya lagi.

Pantauan di lokasi, kondisi tempat keramaian utamanya objek wisata memang sepi pengunjung. Hal itu sesuai harapan Pemerintah Situbondo, yang memberlakukan menutup lokasi wisata selama libur lebaran.

Di beberapa tempat ini, polisi terus mengimbau agar tidak berkerumun serta menjaga prokes. Petugas ini bahkan tidak segan menegur keras masyarakat yang tidak menggunakan masker.

Seperti diketahui, melalui surat edarannya, Bupati Situbondo Karna Suswandi sudah menyatakan menutup seluruh objek dan daya tarik wisata di Situbondo, selama libur hari raya Idul Fitri 1442 H. Penutupan objek itu berlaku sejak 13 hingga 16 Mei 2021 besok.