Wali Kota dan Bupati Kediri Kolaborasi Pikirkan Pengembangan Bersama di Kedua Daerah

Wali Kota dan Bupati Kediri
Wali Kota dan Bupati Kediri

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar berkunjung untuk silaturahmi ke Pendopo Kabupaten Kediri, sekaligus mengajak bincang santai Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, membahas hal yang dapat dikembangkan bersama antara Kota dan Kabupaten Kediri. 


Wali Kota Kediri mengungkapkan, contoh kolaborasi kedua daerah ini yang dapat dilakukan seperti dalam hal pariwisata. 

Kabupaten Kediri memiliki pariwisata yang sangat banyak dan indah sehingga banyak orang yang ingin berkunjung ke sana. Untuk hal tempat wisata Kota Kediri memang sedikit, hal itu sesuai dengan _branding_-nya sebagai kota pendidikan, jasa, dan perdagangan bukan kota pariwisata. 

Namun Kota Kediri bisa sebagai penyangga pariwisata Kabupaten Kediri. Misalnya saja orang yang berwisata di Kabupaten Kediri bisa menginap dan berkuliner di Kota Kediri. 

“Contoh lainnya dalam hal Pendidikan. Banyak orang Kabupaten Kediri yang sekolah di Kota Kediri dan kebetulan kota juga ada sekolah dan kampus negeri/swasta juga,” kata Walikota Kediri kepada Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (22/5). 

Saat bincang-bincang, Abdullah Abu Bakar menginginkan tidak ada sekat antara Kota dan Kabupaten Kediri. Masyarakatnya pun sudah sangat membaur dan tidak membeda-bedakan. Karena semua fasilitas yang disiapkan tujuannya agar bermanfaat untuk semua pihak, tidak terpecah-pecah hanya untuk orang kabupaten ataupun hanya untuk orang kota saja. Pembangunan itu semua demi kesejahteraan masyarakat Kediri. 

“Saya juga membahas tentang pembangunan Bandara Kediri. Yang perlu dipikirkan bagaimana mempersiapkan jalan sekitarnya dan juga tak kalah penting sumber daya manusianya. Termasuk kita juga harus berpikir ke depannya ada ring road dan lain-lain,” ujar Wali Kota Kediri.

Sementara itu, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan, bahwa kehidupan di kabupaten ataupun kota sama saja. 

Kabupaten tidak bisa bertumbuh sendiri tanpa kota begitu pula sebaliknya. Kolaborasi di sini sangat diperlukan sekali. Misalnya dalam pelayanan kesehatan, warga Kabupaten Kediri yang bermukim di barat sungai bila berobat akan datang ke rumah sakit di kota karena dekat. Bila datang berobat ke RSUD SLG terlalu jauh dengan tempat tinggalnya. 

“Dalam hal pendidikan, memang SMA 1, SMA 2, SMP 1 sekolah top namun jangan semua larinya kesana. Makanya warga Kediri yang tinggal di kabupaten harus punya sekolah sendiri yang bisa bersaing dengan baik,” tambah Bupati.

Saat menyusuri ruang demi ruang serta taman yang ada di Pendopo Kabupaten Kediri, Wali Kota Kediri dan Bupati Kediri juga membicarakan hal-hal menarik seputar makanan yang disukai, hobi yang digemari, tempat-tempat menarik yang bagus dikunjungi di Kediri. Kesan pertama saat mengunjungi Pendopo Kabupaten Kediri juga menjadi topik bahasan.


ikuti update rmoljatim di google news