Usai Salat Idul Fitri, 15 Atap Rumah Warga Jember Porak Poranda Diterjang Angin Beliung

Kepala BPBD Jember Widodo Julianto/RMOLJatim
Kepala BPBD Jember Widodo Julianto/RMOLJatim

Sedikitnya 15 rumah warga Dusun Jubung Lor Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember, porak poranda diterjang angin puting beliung, usai rayakan Idul Fitri, pada Rabu (10/4/2024) siang.


Puluhan atap asbes rumah dan dapur di desa tersebut beterbangan yang terjadi 2 kali dalam waktu 30 menit. Selain itu, atap genteng rumah warga melorot dan hancur terjatuh ke tanah. 

"Daerah terdampak di dua titik, yakni di Dusun Jubung RT 04 dan RT 05  RW 07 Desa Jubung Kecamatan Sukorambi," kata Kepala BPBD Kabupaten Jember Widodo Julianto, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (10/4).

Widodo mengatakan, angin puting beliung terjadi secara tiba-tiba datang dari arah timur Dusun Jubung dan situasi tidak hujan. Namun cuaca sekitar desa tersebut dan sekitarnya sedang mendung.

Beberapa menit kemudian, angin agak mereda. Namun sekitar pukul 13.37 terjadi angin puting beliung susulan dari arah barat.

"Angin susulan ini yang mengakibatkan 15 atap rumah warga rusak," katanya.

Selain itu, kerusakan menimpa pada kandang ternak sapi milik Zainal Abidin, dengan rusak berat. Bahkan 5 ekor sapi tertimpa material bangunan, namun semua sapi selamat. 

Menyusul kejadian tersebut, lanjut Widodo, BPBD Jember langsung bergerak dengan berkoordinasi dengan relawan dan Forkopimcam Sukorambi. Petugas tiba di lokasi sekitar pukul 15.30 WIB.

Selain Asessment juga membantu warga terdampak dengan menyalurkan logistik bagi warga terdampak dan untuk kegiatan kerja bakti.

"Rumah warga terdampak saat ini dalam proses perbaikan," katanya.