Melanggar Prokes, Hiburan Campursari di Banyuwangi Dibubarkan Satgas Covid

Satgas Covid-19 Kecamatan Blimbingsari bersama aparat TNI-Polri Kecamatan Rogojampi saat membubarkan hiburan campursari/Ist
Satgas Covid-19 Kecamatan Blimbingsari bersama aparat TNI-Polri Kecamatan Rogojampi saat membubarkan hiburan campursari/Ist

Pentas hiburan musik campursari di sebuah acara hajatan warga Desa Gintangan, Kecamatan Blimbingsari dibubarkan oleh Satgas Covid-19. Itu lantaran dinilai melanggar protokol kesehatan, yakni menimbulkan kerumunan orang.


Aksi pembubaran itu dilakukan Satgas Covid-19 dengan melibatkan aparat TNI-Polri, setelah adanya laporan dari warga setempat pada Minggu (23/5) malam.

"Setelah mendapat laporan tersebut. Kita datangi lokasi dan langsung kita bubarkan. Sebab, hiburan orkestra tersebut menimbulkan kerumunan warga," kata Babinsa Desa Gintangan, Serma Rewel Agus, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (24/5).

Dia menjelaskan, penyelenggara hajatan sebelumnya telah diperingatkan untuk tidak menggelar hiburan campursari yang dapat memicu kerumunan. Serta dinilai beresiko menimbulkan klaster baru Covid-19. Namun, arahan tersebut tidak diindahkan, sehingga hiburan tersebut terpaksa dibubarkan.

"Sebelumnya kita memberi ijin warga menggelara hajatan, asalkan tidak menggelar kegiatan atau hiburan yang dapat memicu kerumunan warga. Namun faktanya, masih saja memaksa menggelar orkestra tanpa seijin petugas," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Satgas Covid-19 Kecamatan juga memberikan pemahaman kepada warga yang saat itu berkerumun terkait bahaya Covid-19 apabila tidak disiplin protokol kesehatan.

Sebab saat itu masih ditemukan warga yang tidak mengenakan masker atau mengalungkan maskernya di leher. Petugas juga mengingatkan untuk tidak bersalaman dan tetap menjaga jarak aman untuk menghindar dari tertularnya virus Corona.

"Seluruh warga yang ada di lokasi termasuk penyelenggara hajatan kita berikan edukasi agar tetap mematuhi kebijakan pemerintah menanggulangi penyebaran Covid-19,"tutup Serma Rewel Agus.