Kiai Ahmad Muzammil Tutup Usia, Jamaah Maiyah Berduka

KH Ahmad Muzammil/Caknun.com
KH Ahmad Muzammil/Caknun.com

KH Ahmad Muzammil, Pengasuh Ponpes Rohmatul Umam Kretek, Bantul, Yogyakarta dilaporkan meninggal dunia pada Kamis (27/5) pukul 02.44. Jenazah Kiai Muzammil dimakamkan di pesarean Pesantren Rohmatul Umam.


Kepada Kantor Berita RMOLJatim, Zakky, Komunitas Maiyah Jogjakarta mengungkapkan, Kiai Muzammil meninggal akibat penyakit lambung yang diderita sejak lama.

"Saat ini masih dimakamkan di pesarean Pesantren Rohmatul Umam. Beliau orang baik, tulus, sepanjang hidupnya selalu merawat umat," Zaky singkat Zakky.

Diungkapkan Zakky, bahwa Kiai Muzammil menderita sakit sejak hari raya. Dan sepertinya ada gamgguan di lambungnya. 

Selanjutnya beliau berobat ke rumah sakit. Namun Allah berkata lain. Beliau wafat pada dini hari, dan dimakamkan di pesarean Pondok Pesantren Rohmatul Umam sekira pukul 10.00 WIB.

"Beliau orang baik, dan tulus merawat ummat," pungkasnya.

Sementara di situs caknun.com juga mengabarkan hal serupa. Jamaah Maiyah turut berduka atas kepergian Kiai Muzammil.

Diketahui Kiai Muzammil sering mendampingi Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) dalam setiap acara Maiyah.

"Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Jamaah Maiyah, warga Pesantren Rohmatul Umam beserta Keluarga yang mengasuhnya, kaum Muslimin Madura dan kita semua didawuhi Allah Swt untuk mengikhlaskan Kiai kita semua KH Ahmad Muzammil," tulis situs tersebut.  

"InsyaAllah Bu Nyai Muzzammil dan keluarga yang ditinggalkan dilimpahi keikhlasan, ketabahan, dan kekuatan untuk meneruskan perjuangan beliau."