Wabup Bondowoso Sambangi Warga Miskin Yang Luput Dari Perhatian Pemerintah Desa Jambesari

Wabup Bondowoso Irwan Bahtiar bersama Sujo, Warga Miskin yabg luput dari perhatian Pemdes Jambesari/RMOLJatim
Wabup Bondowoso Irwan Bahtiar bersama Sujo, Warga Miskin yabg luput dari perhatian Pemdes Jambesari/RMOLJatim

Seorang warga yang hidup sebatang kara dengan kondisi kekurangan dan tanpa bantuan pemerintah desa disambangi Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso Irwan Bahtiar, Senin (31/5).


Warga tersebut diketahui bernama Sujo (43) yang tinggal di Desa Jambesari, Kecamatan Jambesari Darussholah, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Dari pantauan, Setibanya dirumah Sujo Wabup Irwan Bahtiar bersama rombongan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso langsung memberikan bantuan sembako dan peralatan tidur.

Diungkapkan Wabup Irwan Bahtiar, kabar kondisi Sujo ini baru diketahui setelah adanya laporan masyarakat. 

"Kami dapati kabar ada seorang warga hidup sebatang kara tanpa tersentuh bantuan, terlebih dari desa," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim usai menyerahkan bantuan ke Sujo. 

Diakui Wabup Irwan, saat ini memang sangat banyak keluhan masyarakat yang melaporkan tentang warga miskin di Bondowoso kepadanya lewat akun Whatsapp dan Instagramnya.

Namun ditengah kesibukannya, Wabup Irwan tetap menyempatkan diri hadir langsung menemui warga tersebut di kediamannya.

Dia menuturkan, bantuan ini merupakan kepedulian, bahwa Pemerintah Bondowoso hadir untuk memberikan sedikit kebagian pada masyarakat miskin.

"Saya temui langsung ke kediamannya sekaligus memastikan keadaan warga yang bersangkutan," tambahnya.

Menurutya, persoalan yang dialami oleh Sujo, warga miskin sebatang kara ini harus menjadi perhatian serius bagi Pemdes Jambesari.

"Saya juga sudah perintahkan Kadesnya untuk segera merenofasi rumah warga miskin tidak layak huni ini supaya diagendakan melalui Dana Desa (DD)," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Sujo mengaku selama ini dirinya tidak pernah mendapatkan bantuan dari Pemdes Jambesari, bahkan beberapa kali dibantu tetangga mengusulkan ke pihak desa.

"Saya tidak pernah dapat  BLT (Bantuan Langsung Tunai), dapat BPN dan PKH dari pemerintah," ungkapnya.

Dia menyatakan untuk dapat bertahan hidup bekerja sebagai buruh tani serabut dan mengandalkan pemberian makanan dari tetangga sekitar.

"Saya bahagia dan mengucapkan terimakasih terlah diberikan bantuan oleh Wabup Irwan," tandasnya.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Jambesari, Maltub Al Hidayah belum bisa memberikan keterangan terkait permasalahan ini. Saat dihubungi melalui selulernya, Maltub mengaku masih sibuk dengan kegiatannya diluar.