Dubes Umar Hadi Sampaikan Kuliah Batik Indonesia di Ewha Womans University Seoul

Dubes Umar Hadi membuka Premiere Online Lecture on Indonesian Batik di Ewha Womans University (EWU) Soeul, Jumat (4/6)/KBRI Seoul 
Dubes Umar Hadi membuka Premiere Online Lecture on Indonesian Batik di Ewha Womans University (EWU) Soeul, Jumat (4/6)/KBRI Seoul 

Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi, secara resmi membuka Premiere Online Lecture on Indonesian Batik di Ewha Womans University (EWU) Soeul, Jumat (4/6). 


Umar Hadi menekankan pentingnya dibangun pemahaman yang baik mengenai potensi desain dan busana dari kain tradisional antara mahasiswa Korsel dan Indonesia. 

Untuk itu, direncanakan kolaborasi KBRI Seoul dan EWU akan berlanjut pada pelaksanaan workshop pembuatan batik secara daring. 

Melalui workshop tersebut, mahasiswi Korsel nantinya dapat mengenal Batik lebih mendalam dan memiliki pengalaman terkait praktik pembuatannya. 

Ini adalah kali pertama, KBRI Seoul bekerjasama EWU di Seoul untuk menyelenggarakan kuliah perdana Batik Indonesia secara daring. 

Kolaborasi ini merupakan bentuk konsistensi KBRI Seoul dalam rangka mempromosikan ekonomi kreatif subsektor fashion dan Batik kepada masyarakat Korsel. Selain itu kegiatan bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat Korsel, khususnya akademisi dan pelajar mengenai arti penting Batik bagi Indonesia. 

Dr. Komarudin Kudiya, seorang akademisi, pendiri Batik Komar dan Ketua Asosiasi Pengrajin dan Pengusaha Batik Indonesia (APPBI) telah didaulat menjadi narasumber pada kelas perdana Batik Indonesia. 

Kuliah secara daring telah dihadiri oleh Dekan Fakultas Seni dan Desain EWU, Profesor dan mahasiswi dari Departemen Seni Serat dan Desain Busana. 

Sementara itu, Professor Jae Kyung Cho, Dean of College of Fine Arts and Design, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi mendalam atas inisiatif KBRI di Seoul untuk mengundang EWU dalam menyelenggarakan kuliah Batik Indonesia. 

Dari tahun ke tahun, Fakultas Seni dan Desain Jurusan Desain Busana, serta Jurusan Seni Serat menerima mahasiswi Indonesia. Namun sejak pandemi, belum ada mahasiswi Indonesia yang terdaftar pada Jurusan tersebut. 

Berdiri sejak tahun 1886, Ewha Womans University merupakan Universitas ternama khusus perempuan di Korea Selatan. 

Fakultas Seni dan Desain EWU merupakan fakultas pertama di Korsel yang memulai program sarjana (S1) di bidang seni. 

Banyak alumnus EWU yang berkarya di pemerintahan maupun sektor swasta, serta seniman dan desainer ternama di Korsel dan luar negeri.