Masuk Situbondo Penumpang Kapal Asal Sepudi Madura Wajib Jalani Rapid Test

Salah satu penumpang menjalani rapid test antigen gratis/RMOLJatim
Salah satu penumpang menjalani rapid test antigen gratis/RMOLJatim

Masuk Situbondo melalui jalur laut, kapal asal Madura siap-siap di hadang Satgas Covid untuk diperiksa kesehatannya.


Langkah itu dilakukan, untuk mewaspadai bertambahnya sebaran Covid 19 klaster madura, yang kini sudah mulai masuk Situbondo.

Hari ini ada puluhan penumpang kapal asal pulau sepudi yang tiba di Pelabuhan Kalbut, Situbondo. Setibanya, mereka langsung dilakukan tes swab antigen oleh petugas medis dari Satgas Covid-19 Kecamatan Mangaran bersama KSOP Wilayah kerja Kalbut.

Seluruh penumpang ini baru diperbolehkan melanjutkan perjalanan, setelah hasil swab antigen sudah diketahui.

"Kami mengadakan rapid tes antigen gratis untuk penumpang kapal asal pulau Sepudi, Madura. Alhamdulillah ini semuanya non reaktif," terang petugas medis Satgas Covid 19 Kecamatan Mangaran, drg Diena Fitrya, kepada Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (10/6).

Masih menurut Diena, ada puluhan penumpang yang pada hari ini, dan tidak semuanya dilakukan rapid tes antigen, lantaran ada beberapa penumpang sudah mengantongi suray keterangan rapid test

Sementara itu, Alif, salah satu penumpang menuturkan, jika dirinya terpaksa dilakukan rapid tes antigen karena memang tidak pernah dites. Dirinya mengaku, saat ke Sepudi juga tidak diberlakukan mengantongi surat keterangan rapid test.

"Saat pulang dari pelabuhan di sepudi juga tidak dirapid tes mas, kami sama petugas hanya diberi masker terus naik ke kapal. Lah pas tiba di Situbondo ini kok justru dirapid tes, tapi alhamdulilah non reaktif mas hasilnya," tutur pria yang mengaku berasal dari Kecamatan Mangaran tersebut.

Pantauan di pelabuhan, kedatangan penumpang ini dibawah pengawasan ketat Satgas. Bahkan, petugas terus mengawasi agar seluruh penumpang tetap menjaga jarak dan menggunakan masker.