Sering Satroni Barang Jamaah Masjid, Warga Semampir Digelandang Ke Polisi

Solihin/ist
Solihin/ist

Sempat meresahkan jamaah di beberapa Masjid daerah Tegalsari Surabaya, Tukang Becak ini tertangkap basah saat satroni salah satu barang jamaah yang tergantung di tempat wudhu.


Pelaku yang bernama Solihin (47) tertangkap oleh takmir Masjid Ashodiqin, yang bertempat di Jalan Wonorejo Surabaya. 

Pelaku yang beralamat di Semampir ini tertangkap tangan saat beroperasi dan akhirnya dibawa ke Polsek Tegalsari Surabaya.

"Pelaku diamankan takmir masjid serta langsung berkoordinasi dengan kami. Saat diamankan itu pelaku merogoh pakaian milik jamaah yang ditinggalkan dicantolan tempat wudhu di masjid setempat," ujar Kapolsek Tegalsari Kompol Ricky Tri Dharma melalui Kanit Reskrim Iptu Marji dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (30/6).

Marji mengatakan beberapa hari terakhir gerak-gerik Solihin sengaja dipantau takmir masjid yang bernama Soim (71), lantaran usai pihaknya mendapatkan laporan dari para pedagang pasar kehilangan handphone dan uangnya saat salat subuh berjamaah di masjid tersebut.

Tak ayal kecurigaan Soim yang disampaikannya ke polisi benar. Sebab saat ditangkap, Solihin mengambil sebuah tas warna hitam yang berisi handphone dan uang Rp 286 ribu.

Dari hasil pemeriksaan, Solihin mengaku jika seringkali salat subuh di masjid itu. Niat jahatnya muncul saat mengetahui para jamaah masih menyantolkan pakaiannya di tempat wudhu.

Ia memilih beraksi pagi hari dengan harapan, agar aksinya tidak dilihat siapapun. Sebab saat pagi hari, masjid itu dalam keadaan sepi.

"Dialah yang selama ini meresahkan takmir masjid. Begitu juga dari hasil interogasi tersangka juga pernah mengambil barang berupa hp dan uang  di Masjid Al-Mubarok Jalan Keputran," pungkasnya.