Wagub Emil Dardak Imbau Penyintas Covid-19 Aktif Donor Darah

Wagub Jatim Emil Dardak (dua dari kanan) dan Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor saksikan pendonor konvalesen
Wagub Jatim Emil Dardak (dua dari kanan) dan Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor saksikan pendonor konvalesen

Menindaklanjuti kebutuhan mendesak Stok darah Plasma konvalensen di masa pandemic Covid-19 di Jawa Timur, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak di damping Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) melakukan kunjungan Fasilitas Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Sidoarjo, Minggu (4/7/2021).


Dalam tinjauannya Wagub Emil Dardak melihat langsung tiga pendonor penyintas covid-19 melakukan donor plasma konvalesen di unit transfusi darah PMI Sidoarjo, yang saat ini memiliki tiga mesin untuk mengcover 30 orang pendonor setiap harinya. 

“Kebetulan saya datang, terdapat tiga pendonor penyintas covid-19 melakukan donor darah plasma konvalense, dengan tiga mesin yang dimiliki, dapat mencapai 30 pendonor setiap harinya, akan ada penambahan 1 mesin agar dapat mencapai 40 pendonor setiap harinya”ungkap wagub.

UTD PMI Kabupaten Sidoarjo berkontribusi penuh dalam penangan kebutuhan Darah Plasma konvalesen di Jawa Timur, pada hari ini tecatat antrian sebanyak 251 pasien covid-19 menunggu donor plasma konvalesen. 

Kebutuhan donor darah plasma konvalesen yang datang ke Sidoarjo, bukan hanya di Sidoarjo saja, hampir 60% lebih membantu pasien-pasien di luar Sidoarjo, oleh karena itu pendonor-pendonor dari luar sidoarjo kita harap untuk datang, hari ini pendonor yang datang berasal dari Jombang, Pasuruan “terangnya wagub. 

Dalam kesempatan ini, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor mengatakan bahwa Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Sidoarjo lebih banyak menyalurkan kantong darah ke daerah lain, di Sidoarjo hanya 33% kantong darah. 

“ UTD PMI Sidoarjo lebih banyak menyalurkan lebih banyak di nikmati ke daerah lain, Sidoarjo hanya 33% saja, selebihnya mengcover jaringan PMI ke daerah lain.”terangnya. 

Menambahkan, Gus Muhdlor memastikan pendonor di Sidoarjo mencukupi, pada dua minggu yang lalu kita sudah melakukan MOU dengan beberapa industrial besar, ormas untuk membantu mendonorkan darahnya. 

Wagub Jatim Emil Dardak dan Bupati Sidoarjo Gus muhdlor menyerukan untuk Mendorong/menggalakan minat masyarakat dari seluruh penjuru Jawa Timur, khususnya warga Sidoarjo untuk menjadi Pendonor darah Plasma Konvalensen bagi para penyintas Covid-19 untuk kesembuhan saudara kita yang berjuang melawan Covid-19.