Tenda Darurat IGD Mulai Terisi, Angka Pasien Terpapar Covid-19 Kian Meningkat

Tenda darurat IGD di RSU dr Abdoer Rahem mulai digunakan untuk menangani pasien Covid-19/RMOLJatim
Tenda darurat IGD di RSU dr Abdoer Rahem mulai digunakan untuk menangani pasien Covid-19/RMOLJatim

Tenda darurat yang didirikan di Rumah Sakit Umum (RSU) dr Abdoer Rahem, Situbondo, Jawa Timur mulai terisi sejak Kamis (8/7) malam. Tenda darurat ini difungsikan untuk Instalasi gawat darurat (IGD), khusus penanganan pasien Covid-19.


"Sudah difungsikan mulai kemarin malam mas, ya bagaimana lagi IGD yang ada sudah tidak cukup menampung pasien," ujar direktur RSU dr Abdoer Rahem, dr.Roekmini, kepada Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (9/7).

Mantan direktur RSU Asembagus ini juga mengakui, jika angka pasien Covid-19 yang masuk ke rumah sakit sangat tinggi. Bahkan, sebagian besar pasien yang masuk setiap harinya bisa dipastikan terpapar corona.

Berkaitan dengan pasien non Covid-19, beber Roekmini lagi, ada IGD khusus yang dimanfaatkan untuk pasien sakit biasa. Sehingga masyarakat, tidak khawatir bisa terpapar oleh pasien yang positif korona ketika berobat ke RS plat merah tersebut.

"Sekarang yang masuk ke IGD itu sebagian besar pasti Covid-19 mas, jadi memang kondisinya sangat mengkhawatirkan. Jadi kalau ada pasien masuk itu ditangani di IGD pertama dulu, ketika diketahui positif hasil swabnya, maka langsung dilarikan ke IGD khusus Covid," jelas Roekmini lagi.

Pantauan Kantor Berita RMOLJatim, tenda darurat yang berada di sisi utara gedung utama RS ini sudah terisi oleh pasien, disekitar tenda juga disterilkan sehingga orang yang tidak berkepentingan juga dilarang mendekat.

Sementara itu, data dari Satgas Covid-19 Kabupaten Situbondo menyebutkan, hingga Kamis 8 Juli 2021 ada 95 kasus baru orang positif Covid-19, sementara angka kematian mencapai 13 untuk hari itu saja. Sementara pasien yang dirawat mencapai 328 orang. Selain itu dari 17 kecamatan yang ada, 10 diantaranya sudah dinyatakan zona merah, untuk data provinsi Jatim, Situbondo juga masuk zona merah menyusul Bondowoso dan Jember.