Pastikan Distribusi Ke Warga Isoman Berjalan lancar, Gubernur Khofifah Tinjau Depo Oksigen di Sidoarjo

Gubernur Khofifah bersama Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor saat melayani warga yang mengisi oksigen gratis/RMOLJatim
Gubernur Khofifah bersama Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor saat melayani warga yang mengisi oksigen gratis/RMOLJatim

Bagi masyarakat yang pada saat ini sedang isolasi mandiri bisa mengakses isi ulang oksigen secara gratis dengan membawa tabung sendiri dan dalam sehari boleh melakukan pengisian sampai dua kali dan selain warga Sidoarjo pun boleh melakukan pengisian di Depo Oksigen yang terletak di halaman samping Kantor UPT PPD Sidoarjo yang diresmikan secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Senin (19/7). 


Gubernur Khofifah mengatakan, ini adalah layanan untuk warga yang sedang isolasi mandiri atau ambulan yang di dalamnya ada pasien yang membutuhkan oksigen.

"Pemerintah menyiapkan stok 500 M3 perhari yang artinya cukup untuk 500 tabung oksigen silinder 1M3 yang artinya stok yang disiapkan akan cukup," terang Gubernur Khofifah, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

“Pemenuhan  stok oksigen ini merupakan hilirnya dan hulu nya harus tetap kita tegakkan yaitu dengan menjaga prokes dan mengikuti vaksinasi” tambahnya 

Sedangkan untuk bisa melakukan isi ulang masyarakat harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di website infocovid19.jatimprov.go.id dan kemudian datang sesuai jadwal di tempat yang ditentukan, adapun berkas yang perlu dibawa tiket pendaftaran dari website, hasil swab antigen/PCR terbaru, dan tabung oksigen ukuran 1M3. 

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor menyampaikan, di Sidoarjo telah siap 4 Pabrik Oksigen untuk stok rumah sakit yang artinya jangkuan oksigen lebih terjangkau pada saat ini. Terkait kuota yang diberikan sekarang ini untuk warga Isoman saja bukan untuk rumah sakit. Sedangkan untuk Rumah Sakit sudah ada pos-posnya dimana Rumah Sakit sudah  proaktif ke masing masing pabrik secara  terjadwal. Diantaranya Pabrik yang ada di Taman 2, di Candi 1 dan 1 di Balongbendo. 

Pemerintah Provinsi menyediakan tempat untuk isi ulang tabung oksigen ini agar warga Isoman dirumah tidak panik seperti dengan memborong oksigen di apotek, Pemerintah punya cadangan cukup kuat tinggal kemudian mereka datang ke posko terkait. Termasuk di Sidoarjo. Selain itu juga ada Surabaya dan Gresik 

"Kita punya hulu cukup kuat ada 4 pabrik di Sidoarjo dimana harus kita yang lebih aktif karena angkutan mereka juga bukan hanya melayani Sidoarjo melainkan untuk daerah lain dan pabrik oksigen hanya ada di Sidoarjo, Gresik, Tuban," jelasnya.

"Harapannya ketika ini berjalan baik, ketika kapasitas kurang, akan mendapatkan supplay dari 4 pabrik ini," tandas Gus Muhdlor.

Dan pada saat ini Pemerintah telah menyiapkan shelter di empat kecamatan. MPP, SMPN 2 Taman, Puskesmas Porong dan Rusunawa Tambak Kemerakan Krian disitu disediakan tabung oksigen yang bisa digunakan para isoman yang terbatas serta dalam kondisi sedang.