Rapat Satgas Covid-19, Pemkab Kediri Bakal Dirikan Rumah Sakit Darurat Sementara

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan saat memimpin rapat
Bupati Kediri, Hanindhito Himawan saat memimpin rapat

Peningkatan kasus covid-19 di Kabupaten Kediri yang fluktuatif, membuat rumah sakit di Kabupaten Kediri penuh. Untuk mengatasi hal tersebut, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana atau Mas Dhito menggelar Rapat Pemantapan Pembentukan Rumah Sakit Darurat Sementara.


Rapat yang digelar di Pendopo Panjalu Jayati ini dihadiri oleh Kepala BPBD Slamet Turmudi, Kepala Dinas Kesehatan dr Ahmad Khotib, serta beberapa Kepala Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Kediri. Dalam rapat tersebut dibahas mengenai kesiapan pemerintah daerah untuk membentuk Rumah Sakit Darurat Sementara (RSDS). 

Rencananya, RSDS baru di Kabupaten Kediri ini akan ditempatkan di bekas Gedung Dinas Pertanian dan perkebunan Kabupaten Kediri. Menurut Bupati, RSDS ini akan beroperasi dalam 2-3 minggu ke depan. 

“Kita persiapkan. Targetnya 2 sampai tiga minggu lagi sudah beroperasi,” Kata Bupati dikutip Kantor Berita RMOL Jatim, Selasa (27/7). 

Bekas gedung Dinas Pertanian dan perkebunan ini dipilih karena jarak dengan Rumah Sakit Umum Daerah Simpang Lima Gumul (RSUD SLG) cukup dekat. apabila pasien mengalami kondisi yang kritis bisa langsung ditangani atau dirujuk ke RS SLG agar mendapatkan penangan yang lebih bagus 

“Memang kita akan bentuk tim baru untuk RSDS ini. Mengingat lonjakan kasus covid dan banyaknya pasien yang tidak mendapatkan tempat tidur,” terang Bupati. 

Rencananya hari ini, Satgas Covid dan kepala RS SLG akan meninjau lokasi RSDS yang rencananya menggunakan bekas kantor Dinas Pertanian dan perkebunan 

"Kita tinjau fasilitasnya dan secepatnya akan kita fungsikan sebagai RSDS" Ungkap dr Ahmad Khotib Kepala Dinkes Kabupaten Kediri. 

Meski didirikan RSDS baru di Kabupaten Kediri ini, Pemerintah Kabupaten Kediri juga menambah tempat Isoter atau Isolasi Terpusat di tingkat Kecamatan. 

“Kita akan menggunakan bangunan-bangunan sekolah yang sekarang tidak digunakan karena sedang libur,” tambahnya.

Foto : Bupati Kediri, Saat Memimpin Rapat


ikuti update rmoljatim di google news