FKPS dan PMI Probolinggo Penuhi Stok Darah dan Plasma Konvalesen

Suasana Donor Darah dan Plasma di Tongas Kabupaten Probolinggo/Ist
Suasana Donor Darah dan Plasma di Tongas Kabupaten Probolinggo/Ist

Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Probolinggo melakukan roadshow gerakan lumbung darah dan plasma konvalesen di Puskesmas Tongas Kabupaten Probolinggo.


Aksi kemanusiaan yang juga didukung oleh Komite Mata Daerah (Komatda) Kabupaten Probolinggo, Paramitra dan Persatuan Difabel Kabupaten Probolinggo ini disambut dengan sangat antusias sekali oleh masyarakat yang ada di Kecamatan Tongas dan sekitarnya. 

Mereka berbondong-bondong melakukan pendaftaran dan skrining kesehatan sebagai calon pendonor.

Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani menyampaikan, pendonor berasal dari berbagai unsur. Antara lain, masyarakat umum, tokoh masyarakat, kader, pegawai Bank Jatim, Paramitra dan difabel serta pegawai RSUD Tongas dan Puskesmas Tongas.

“Donor darah ini sangat bermanfaat sekali untuk membantu sesama yang sedang membutuhkan darah. Sementara plasma konvalesen ini sangat dibutuhkan bagi pasien Covid-19 yang sedang dirawat di rumah sakit dengan kondisi tertentu,” ungkapnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (27/7).

Dari 50 peserta calon donor darah yang datang yang berhasil lolos skrining sebanyak 30 orang. Sedangkan untuk skrining calon pendonor plasma konvalesen, dari 8 orang penyintas Covid-19 yang mendaftar dan lolos skrining sebanyak 2 orang. 

“Alhamdulillah dari kegiatan ini terkumpul 30 stok kantong darah yang dapat mengisi kekosongan lumbung darah di PMI. Kita ikhtiarkan bersama-sama FKPS dan PMI akan mencari sasaran lokasi yang lainnya mengajak masyarakat untuk ikut terlibat dan tergerak hatinya  untuk berkenan menjadi pendonor darah,” kata Ketua FPKS dr. Mirrah Samiyah.

Selain itu, Mirrah Samiyah juga mengajak kepada para penyintas Covid-19 tatkala sudah menggenapkan ikhtiarnya dengan vakisnasi yang kedua kalinya supaya berkenan untuk melakukan skrining donor plasma. 

“Untuk para penyintas Covid-18 yang sudah vaksin bisa langsung untuk mengikhtiarkan mengikuti kegiatan skrining donor plasma sehingga bisa membantu para pasien Covid-19 yang sedang berjuang di rumah sakit untuk sembuh. Tetap semangat jaga kesehatan dan salam kemanusiaan,” tegasnya.

Mirrah Samiyah mengharapkan kegiatan lumbung darah dan plasma konvalesen ini terus berlanjut di tempat lainnya. Dalam waktu dekat kegiatan ini akan diselenggarakan di Kecamatan Kraksaan.

“Semoga gerakan ini mampu mengetuk pintu hati untuk menyelematkan sesama melalui donor,” pungkasnya.