Gudang Tak Buka, Petani Tembakau Kebingungan

Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Andi Suryanto Wibowo saat meninjau tembakau yang sudah dirajang tahun lalu/RMOLJatim
Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Andi Suryanto Wibowo saat meninjau tembakau yang sudah dirajang tahun lalu/RMOLJatim

Sejumlah petani tembakau di Kabupaten Probolinggo, sudah mulai panen tembakaunya. Salah satunya di daerah Kecamatan Kotaanyar. Namun, petani tembakau tersebut dibuat kebingungan lantaran belum ada kepastian terkait pembukaan gudang tembakau.


Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Ketahana Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo, Nurul Komaril Asri mengatakan, proses panen yang terjadi pada saat ini tidak terlepas dari masa tanam petani yang tidak mengikuti anjuran pemerintah. 

Pada awal Mei lalu, pihaknya sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan tanam tembakau pada bulan Juni. Sehingga, pada masa panen akan berbarengan dengan jadwal gudang tembakau buka, atau mulai mengulak tembakau dari petani setempat.

“Gudang (menginformasikan) ke kami, ada yang buka mulai akhir Agustus, ada juga yang mulai buka di awal September,” jelasnya, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (28/7).

Menurutnya, untuk koordinasi lanjutan terkait pembukaan gudang sudah bukan ranahnya lagi. Melainkan ranah dari pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat.

“Karena tupoksi kami untuk penanaman tembakau ini, dari tanam hingga paska panen. Makanya untuk pembukaan gudang ini kami akan koordinasi dengan Disperindag,” terang Nurul.

Sementara itu, Kabid Perdagangan pada Disperindag setempat Endang Rustiningsih mengatakan, kondisi pandemi Covid-19 ini memang membuat pihaknya mengalami sedikit kendala dalam hal melakukan koordinasi dengan pihak gudang. Terlebih dengan adanya kebijakan pemerintah yang menerapkan PPKM.

Oleh sebab itu, ia berharap para petani bisa bersabar dan bisa memaklumi kondisi ini. Ia pun berjanji akan segera menginformasikan kepada petani tembakau jika sudah ada kepastian jadwal gudang buka.

“Yang mau konfirmasi ke gudang masih PPKM. Kami harap bersabar dulu,” ucapnya.