Pertanyakan Anggaran Pilkades, Apdesi Probolinggo Surati Dewan

Apdesi Kabupaten Probolinggo, menyerahkan surat permohonan audiensi pada Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Lukman Hakim/RMOLJatim.
Apdesi Kabupaten Probolinggo, menyerahkan surat permohonan audiensi pada Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Lukman Hakim/RMOLJatim.

Asosiasi Kepala Desa (Apdesi) Kabupaten Probolinggo melayangkan surat ke DPRD Kabupaten Probolinggo. Surat itu dilayangkan, untuk permohonan audiensi terkait anggaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 27 Desember 2021.


Surat itu diberikan langsung oleh Pengurus Apdesi Kabupaten Probolinggo di dampingi Apdesi Jawa Timur serta diterima langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Lukman Hakim di ruangannya.

"Kami meminta waktu, untuk melakukan audiensi dengan pimpinan dewan. Karena, tahapan Pilkades serentak tahap II ini, akan di mulai September 2021," jelas Ketua Apdesi Kabupaten Probolinggo, Hasanuddin, dikutip Kantor Berita RMOL Jatim, Jum'at (30/7).

Menurut Hasan, nantinya Apdesi akan mempertanyakan persiapan anggaran Pilkades serentak tahap II yang akan di laksanakan pada 27 Desember.

"Karena ibu bupati (Puput Tantriana Sari) sudah jelas, dalam pernyataannya kalau Pilkades serentak tahap II ini dilakukan 27 Desember 2021 ini," tegasnya.

Sehingga, Pilkades tahap II ini, harus benar-benar di selenggarakan. Sebab, Apdesi Kabupaten Probolinggo sendiri mendukung dan menyepakati kebijakan yang dikeluarkan oleh Bupati Probolinggo.

"Karena apa yang kami lakukan ini, sebagai dukungan pada Pemerintah Kabupaten Probolinggo, untuk mensukseskan Pilkades serentak tahap II," sebutnya.

Sebab, Pilkades serentak tahap II ini, akan diikuti oleh 252 desa di 24 kecamatan se Kabupaten Probolinggo. Utamanya, masyakarat yang desanya akan melakukan Pilkades, sudah mengetahui adanya kebijakan tersebut.

"Kami harapkan, agar Pilkades serentak tahap II ini tidak ada kendala dan tidak ada halangan lagi. Karena, ini merupakan pesta rakyat," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Lukman Hakim mengatakan, kalau surat permohonan audiensi yang di layangkan oleh Apdesi tersebut, secepatnya akan di sampaikan pada para pimpinan DPRD.

"Alhamdulillah, surat dari temen-temen Apdesi sudah kita terima dan selanjutnya kita bicarakan pada pimpinan dewan yang lain," katanya.

Kemungkinan besar masih kata Lukman, Dewan sendiri akan menerima Audiensi para Pengurus Apdesi dalam minggu ini.

"Ya, secepatnya kita agendakan permohonan audiensi ini," tukasnya.