Sekda Jember: Kecepatan Informasi Jadi Kunci Penyelesaian Penularan Covid-19

Sekda Jember, Mirfano (baju hitam) saat meninjau pelaksanaan PPKM mikro berbasis RT RW di Perum Baratan Permai kelurahan Baratan Kecamatan Patrang/RMOLJatim
Sekda Jember, Mirfano (baju hitam) saat meninjau pelaksanaan PPKM mikro berbasis RT RW di Perum Baratan Permai kelurahan Baratan Kecamatan Patrang/RMOLJatim

Satgas Penanganan Covid-19 Jember semakin masif memantau warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) ditiga wilayah kecamatan. Diantaranya, Kaliwates, Sumbersari dan Kaliwates.


Satgas juga memberikan banyak obat-obatan dan paket sembako, dengan tujuan untuk memastikan warga yang isoman terlayani dengan baik, dengan tujuan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Ini adalah perintah Bupati, untuk memastikan dan membuktikan bahwa kecamatan telah menjalankan perintah dari Satgas Covid Kabupaten Jember," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Jember, Mirfano, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (7/8).

Selain itu, satgas yang didampingi Camat Patrang Mohammad Rofik Sugiarto, Plt Kepala Dinkes Lilik Supartiwi dan Kapolsek Patrang juga memasang bendera merah dihalaman depan rumah warga yang isoman.

Menurutnya, sesuai instruksi Bupati Jember Hendy Siswanto, seluruh camat, lurah dan kepala desa harus menyediakan tempat isoman terpusat dan melaksanakan PPKM Mikro berbasis RT/RW, dengan melakukan tracing terhadap warga, yang kontak erat.

"Jadi satgas dari kecamatan, kelurahan dan RT/RW menjadi basis penanganan utama untuk melindungi masyarakat dari penularan pandemi Covid-19 ini," bebernya.  

Dengan adanya kegiatan tersebut, warga yang terkonfirmasi positif Covid 19 segera bisa diketahui. Bagi warga yang diketahui positif dengan gejala ringan agar disarankan untuk isoman. Sedangkan untuk yang gejala sedang dan berat agar dirujuk ke rumah sakit.

"Kecepatan informasi itu adalah kunci keberhasilan menyelesaikan problem saat ini," Katanya. 

Sedangkan Camat Patrang, Mohammad Rofiq Sugiarto menjelaskan, warga  yang  terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 374 orang. Namun sebanyak 159 orang sudah dinyatakan negatif atau sembuh.