Diberi Tali Asih, Syaratnya Penyandang Disabilitas Mau Divaksin

Suasana pemberian vaksin bagi penyandang disabilitas di Situbondo/RMOLJatim
Suasana pemberian vaksin bagi penyandang disabilitas di Situbondo/RMOLJatim

Giliran puluhan penyandang disabilitas di Situbondo, Jawa Timur, mendapatkan kesempatan vaksin Covid-19. Bertempat di gedung serba guna Polres Situbondo, Selasa (10/8) kegiatan ini terlihat berbeda dari kegiatan vaksin seperti biasanya.


"Kita salut kepada penyandang disabilitas, semangat untuk melawan Covid-19. Dengan keterbatasan yang dimiliki, dan ditengah pandemi Covid-19 terus berkarya dan bekerja demi keluarga tentunya dengan tetap mau menjaga imunitas tubuh dengan cara vaksin," terang Kapolres Situbondo, AKBP Ach Imam Rifai, kepada Kantor Berita RMOLJatim.

Masih menurut Imam, kegiatan tersebut masih rangkaian dari program percepatan vaksinasi nasional, yang dicanangkan pemerintah. Melalui melalui kegiatan Vaksinasi Merdeka Semeru, yang salah satu sasarannya adalah penyandang disabilitas.

Kegiatan itu juga dibuka secara daring oleh Forkopimda Jawa timur, yang diwakili oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansyah, serta Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta. Dua pejabat ini juga berkesampatan menyapa para tenaga kesehatan, dan Kapolres jajaran yang sedang melaksanakn vaksinasi bagi difable di wilayah masing-masing.

Menurut Imam lagi, kegiatan itu juga atas dikungan Polisi, TNI, serta Pemerintah Kabupaten termasuk unsur lain diluar pemerintahan yang terus mendukung suksesnya vaksin massal tersebut.

"Polres bersinergi dengan Kodim 0823, dan Pemerintah Daerah serta instansi terkait untuk mensukseskan program serbuan vaksin nasional dari pusat, melalui pelayanan vaksin di gerai Vaksinasi Merdeka Semeru yang dibuka setiap hari di Polres Situbondo," tutup Kapolres.

Pantauan Kantor Berita RMOLJatim, kegiatan vaksin bagi penyandang difabel ini juga bersamaan dengan vaksin anak dan umum. Bedanya, peserta difabel mendapatkan tali asih serta bantuan sembako. 

Edi Sulistio, salah satu penyandang disabilitas menuturkan, jika kegiatan tersebut sangat didukung. Menurut Edi, vaksin sangat aman dan mampu untuk menjaga daya tahan tubuh ditengah pandemi Covid-19.

"Apalagi kami juga diberi tali asih dan bantuan sembako, kami sangat berterimakasih kepada pemerintah, Polres dan Kodim serta pihak lainnya, yang masih memikirkan kami ditengah masa PPKM ini," beber Edi 

Kegiatan itu sesuai rencana akan dibuka setiap hari, sampai target vaksin bisa dinyatakan maksimal. Kegiatan vaksinasi tidak hanya terpusat di kota, melainkan juga digalakkan di seluruh kecamatan hingga desa.