Kenalkan Dunia Perkoperasian melalui Lomba Antar Pelajar di Hari Jadi Koperasi ke-74

Kepala Dinas Diskoperindag Kota Malang, Muhamad Sailendra saat memberikan tropi kepada Salah Satu Juara 1 Lomba Pidato, Ganes Danastri Pratista A.A/RMOLJatim
Kepala Dinas Diskoperindag Kota Malang, Muhamad Sailendra saat memberikan tropi kepada Salah Satu Juara 1 Lomba Pidato, Ganes Danastri Pratista A.A/RMOLJatim

Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Malang kenalkan dunia perkoperasian kepada pelajar se-Kota Malang melalui lomba pidato dan paduan suara di Hari Koperasi Nasional ke-74 di tahun 2021 ini.


"Melalui perlombaan seperti ini kita kenalkan budaya akan berkoperasi. Dengan begitu, kami berharap dapat merangsang generasi muda agar mau ikut dalam berkoperasi, serta dapat menumbuhkan budaya akan berkoperasi dalam lingkungan sekolah," ujar Ketua Dekopinda Kota Malang, Kolonel Purn. Chb. H.Toegino Soekarno, dikutip Kantor Berita RMOLJatim saat membuka acara penyerahan teropi dan uang pembinaan pemenang lomba. Sabtu (14/8).

Ia pun menjelaskan, bahwa kegiatan yang digelar saat Pandemi Covid-19 tersebut taat akan penerapan protokol kesehatan (Prokes). Dan, jenis perlombaan yang digelar, diantara adalah lomba pidato dan paduan suara untuk di tingkat SMP/M.Ts. Namun, di tingkat SMA/SMK hanya lomba pidato.

"Ada dua kategori yang dilombakan, diantaranya untuk tingkat SMP/M.Ts dan tingkat SMA/SMK. Karena saat ini kondisi pandemi Covid-19, apalagi ada penerapan PPKM. Maka dari itu, penerapan protokol kesehatan dilakukan secara ketat. Tak hanya itu, antar peserta dijadwal, agar tak menimbulkan kerumunan," ujar Toegino.

Hal senada juga dikatakan oleh Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang, Muhamad Sailendra, bahwa dengan adanya lomba seperti ini dinilai dapat mengenalkan dunia perkoperasian pada generasi muda.

"Lomba ini kan salah satu upaya untuk mengenalkan perkoperasian pada kalangan pelajar dan mahasiswa. Maka dari itu, sasaranya adalah kalangan pelajar dan mahasiswa. Yang mana, diharapkan dapat semakin menggeliatkan dunia perkoperasian. Apalagi bisa menjadi anggota koperasi atau pengurus koperasi," tukas Sailendra.

Di sisi lain, salah satu pemenang lomba pidato tingkat SMP/M.Ts, Ganes Danastri Pratista Aura Afra merasa gembira dan senang, lantaran telah berhasil meraih juara 1 lomba pidato yang diadakan oleh Dikopinda Kota Malang.

"Saya merasa senang, walaupun di masa pandemi, saya harus tetap semangat dan produktif mengukir prestasi, karena daring hanya membatasi fisik, tidak sampai membatasi impian," ungkap siswi SMPN 1 Kota Malang ini.


ikuti update rmoljatim di google news