Harapan Kiai Maruf, Mutu Rumah Sakit Tetap Dipertahankan Saat Pandemi

Maruf Amien/RMOL
Maruf Amien/RMOL

Beban yang ditanggung rumah sakit di saat pandemi memang meningkat drastis. Namun demikian, pihak rumah sakit harus tetap mempertahankan mutu pelayanan dan memastikan kesehatan para tenaga kesehatannya, sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan dalam masa pandemi.


Begitu harapan Wakil Presiden Maruf Amin saat memberi sambutan di acara Seminar Ilmiah dalam Muktamar ke-V Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (Mukisi) secara virtual, Sabtu (21/8).

Kiai Maruf turut memuji kehadiran telemedicine di masa pandemi Covid-19. Baginya, telemedicine merupakan inovasi bagus dalam pelayanan kesehatan yang aman untuk semua.

“Salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh rumah sakit antara lain dengan memanfaatkan peran teknologi informasi guna mendukung upaya untuk mengurangi kontak pasien dengan tenaga kesehatan, sehingga mengurangi risiko penularan Covid-19 di rumah sakit," ujarnya.

Lebih lanjut, berpesan agar Mukisi berperan dalam mendorong peningkatan upaya pelayanan kesehatan syariah di Indonesia. Mengingat jumlah umat muslim di Tanah Air sangat besar dan memerlukan hadirnya sistem pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kaidah Islam untuk membantu penyembuhan dan pemeliharaan kesehatan.

“Sekaligus mampu menjadi sarana peningkatan keimanan seorang muslim dalam menjalani pengobatan dan pelayanan kesehatan," tutupnya.